Peristiwa - Daerah

Danrem 083 Pamitan Mendapat Seperangkat Alat Baca dan Kopi

Danrem 083 Pamitan Mendapat Seperangkat Alat Baca dan Kopi Danrem 083 Baladhika Jaya, Kol (Inf) Bagus Suryadi Tayo saat menerima cindermata dari para Dandim berupa seperangkat alat baca Tumbler Paper White dan kopi. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Senin, 17 Juni 2019 - 23:14

TIMESINDONESIA, MALANG – Mengaku sempat sulit mencari judul acara pamitan pada Senin (17/6/2019) malam di Taman Indie, Araya,  Malang, Danrem 083 Baladhika Jaya, Kol (Inf) Bagus Suryadi Tayo justru mendapat respon yang luar biasa dan kejutan, diantaranya mendapatkan cinderamata seperangkat alat baca Tumbler Paper White plus kopi dari gabungan para Dandim se wilayah Korem 083 dan Dan Yonif 527.

Bagu mengaku sempat kesulitan untuk menentukan judul acara malam itu. Sebab sebagai Danrem ia belum mendapat penggantinya. Rabu (19/6/2019) besok ia harus menyerahkan jabatannya itu kepada Pangdam V Brawijaya. "Jadi saya sempat kesulitan mencari judulnya. Akhirnya saya mengambil tema Halal bi Halal saja untuk berpamitan," katanya yang kemudian mendapat applaus dari para hadirin.

Usai memberikan sepatah dua patah kata itu, dilanjutkan dengan sesi pemberian cinderamata. Kesempatan pertama oleh para Kepala Daerah se wilayah Korem 083 Baladhika Jaya Malang mulai dari para pimpinan daerah Malang, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Lumajang, Situbondo, Bobdowoso, sampai Banyuwangi.

Danrem-083-b.jpg

Ketika giliran cinderamata dari para bawahannya, para Dandim ada yang menarik. Para Dandim itu tahu betul kesukaan Bagus Suryadi Tayo,  yakni minum kopi. "Nah pasti selama mengikuti pendidikan di Amerika Serikat nanti, beliau teman untuk membaca dan agar tetap fit dengan minum kopi," tandas Dandim 0818, Letkol (Inf) Ferry Muzzawad kepada TIMES Indonesia, malam itu.

Penyerahan cinderamata dari para Dandim itu dipercayakan kepada Letkol (Inf) Totok Prio Kismanto yang sehari-hari menjabat Dan Yon 527/Baladibya Yudha di Lumajang. Sedangkan para Dandim berdiri di belakangnya.

Soal berapa banyak kopi yang diberikan kepada atasannya itu, Totok Prio Kismanto berujar tergantung kebutuhan Bagus Suryadi Tayo selama di Amerika. "Kami siapkan kebutuhan beliau selama satu tahun ke depan. "Bila stock habis, ada kabar dari beliau kami kirim," kata Totok didampingi Ferry Muzzawad.

Kol (Inf)  Bagus Suryadi Tayo yang baru menjabat sebagai Danrem 083 Baladhika Jaya selama 1 tahun 3 bulan 25 hari itu lulus untuk mengikuti pendidikan setingkat Lemhanas di National War Collage di Washington DC, Amerika Serikat. Ia akan menjalani tugas belajar di negeri Paman SAM itu selama satu tahun.

Bagus Suryadi Tayo berterimakasih atas dukungan dari berbagai pihak selama ia menjabat sebagai Danrem 083/Baladhika Jaya Malang. "Saya berharap persaudaraan, pertemanan ini yang terjalin selama ini terus dibina. Namun saya berharap komunikasi di jaman Now ini terus terjalin kapan saja," katanya.

Danrem-083-c.jpg

Seperti diungkapkan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad,  Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr.(Han) yang hadir malam itu,  pendidikan ini harus dilalui. Bahkan Tri Yuniarto sempat memprediksi dua tiga tahun lagi Bagus Suryadi Tayo akan menyandang bintang di pundaknya, artinya akan menjadi jendral.

Angkatan Akademi Militer tahun 1993 ini, lanjut Tri Yuniarto, ternyata juga berangkat dari jajaran Kostrad sejak berpangkat Letnan Dua. "Beliau termasuk perwira-perwira terdepan di letingnya. Jadi bisa dihitung, saya saja tahun 89, mungkin dua atau tiga tahun lagi beliau bisa menggantikan saya di sini sebagai Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad," tambah Tri Yuniarto.

Tri juga berpesan, agar Bagus Suryadi Tayo melakukan yang terbaik selama mengikuti pendidikan di National War Collage di Amerika Serikat.  "Karena sekarang ini penugasan operasi sudah sangat jarang tidak seperti dulu misalnya tugas operasi di Aceh, Timor Timur, dan Papua. Sekarang ini penilaian prestasi lebih dilihat bagaimana kinerja selama memimpin satuannya dan di pendidikan," kata Tri Yiniarto.Edis-Selasa-18-Juni-2019-C.jpg"Ini adalah keaempatan yang baik bagi pak Bagus, dan mudah-mudahan saya masih sempat mendengar pak Bagus kembali ke Indonesia dengan hasil yang memuaskan. Semoga selama di Amerika, pak Bagus juga bisa mengambil master," ujarnya lagi.

Memang sempat kesulitan mencari judul saat harus pamitan pada Senin (17/6/2019) malam di Taman Indie, Araya,  Malang, namun Danrem 083 Baladhika Jaya, Kol (Inf) Bagus Suryadi Tayo justru mendapat respon yang luar biasa dan kejutan, diantaranya mendapatkan cinderamata seperangkat alat baca Tumbler Paper White plus kopi dari gabungan para Dandim se wilayah Korem 083 dan Dan Yonif 527. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration