Peristiwa Daerah

Dinas Pariwisata dan Pepadi Ponorogo Gelar Festival Dalang Bocah 2019

Senin, 17 Juni 2019 - 13:09 | 87.33k
Festival Dalang Bocah 2019 se Ponorogo. (foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Festival Dalang Bocah 2019 se Ponorogo. (foto: Marhaban/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Dinas Pariwisata dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Ponorogo menggelar Festival Dalang Bocah 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya melalui pengenalan kesenian sejak dini. 

Wakil bupati Ponorogo, Soedjarno, ketika membuka Featival Dalang Bocah se Ponorogo, Senin, (17/6/2019) mengatakan, rasa cinta anak terhadap seni budaya harus ditanamkan sejak awal, ini bisa menimbulkan jiwa nasionalisme anak dalam rangka memperkokoh jati diri bangsa.

"Selain itu juga untuk menumbuhkan apresiasi seni bagi anak-anak khususnya pada seni pedalangan, sekaligus memupuk bakat dan minat anak-anak pada seni pedalangan," ungkapnya.

Festival yang digelar pertama kali  ini diikuti 13 dalang bocah se Ponorogo. Dalam pergelaran pakeliran wayang kulit yang masing-masing peserta  memiliki durasi 45 menit dalam setiap lakon yang dibawakannya.

"Penyajian ceritera ditampilkan dalam bentuk lakon dan bukan petilan ataupun fragmen, dimana isi cerita disesuaikan dengan perkembangan jiwa anak-anak," tutur Lilik Slamet Raharjo, kepala Dinas Pariwisata Ponorogo.

Menurut Lilik, pihak penyelenggara akan memberikan penghargaan pada katagori, penyaji mumpuni, penyaji terbaik,dalang ngabei, dalang sabet terbaik, dalang catur terbaik dan dalang greget.

"Peraih penghargaan terbaik selain mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan, juga akan mewakili Ponorogo pada Festival Dalang Bocah se Jawa Timur," kata Lilik Slamet Raharjo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES