Peristiwa Daerah

Kemensos Terus Kirimkan Bantuan Sosial Bagi Korban Banjir di Sultra

Senin, 17 Juni 2019 - 10:14 | 48.79k
Bantuan sosial bagi korban bencana banjir di Sultra terus dikirimkan Kemensos. (Foto: Humas Kemensos for TIMES Indonesia)
Bantuan sosial bagi korban bencana banjir di Sultra terus dikirimkan Kemensos. (Foto: Humas Kemensos for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) RI terus mengirimkan bantuan sosial bagi korban banjir di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menteri Sosial (Mensos) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bantuan logistik tahap pertama sudah mengalir ke Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe  Selatan, dan Kabupaten Kolaka Timur.

"Bantuan ini semoga dapat meringankan beban warga terdampak bencana banjir," kata Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (17/6/2019).

Mensos menyampaikan bantuan Kementerian Sosial dikirim dari Gudang Regional Timur di Makassar telah berada di Dinas Sosial Provinsi Sultra dan selanjutnya dinsos provinsi mengirimkan bantuan ke dinas sosial kabupaten sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masing-masing daerah.

Selain bantuan dalam bentuk logistik menurut mensos, pihaknya juga telah menerjunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial dan Tim Layanan Dapur Umum di sejumlah titik terdampak banjir.

"Salah satunya di Posko Pengungsian di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara. Sebanyak 35 Tagana Provinsi Sultra dan dibantu Tagana Kabupaten Konawe Utara mendirikan dapur umum yang melekat dengan layanan dukungan psikososial," ungkap Mensos.

Dapur Umum ini melayani kebutuhan makan pengungsi dan relawan kebencanaan. Dalam satu kali produksi, dapur umum menyiapkan 2.700 porsi makanan untuk melayani lebih dari 1.500 pengungsi.

Sementara untuk LDP bagi pengungsi khususnya anak-anak di pengungsian. Layanan ini diberikan oleh Tim LDP Kementerian Sosial, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan relawan lainnya.

"Tim juga melakukan pendataan kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, bayi dan balita. Untuk korban lansia, kami membentuk shelter lapangan lanjut usia di lokasi banjir untuk memberikan pelayanan bagi lansia berupa pelayanan kesehatan dasar, dukungan psikososial dan pendataan serta assesmen kebutuhan," tutur Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES