Wisata

Secret Zoo Jatim Park 2 Berhasil Mengembangbiakkan Tapir

Secret Zoo Jatim Park 2 Berhasil Mengembangbiakkan Tapir Sila satu ekor Tapir dari empat Tapir yang dimiliki oleh Secret Zoo Jatim Park 2. (Tria Adha/TIMES Indonesia)
Minggu, 16 Juni 2019 - 23:32

TIMESINDONESIA, BATU – Awalnya hanya ada tiga ekor Tapir di Jawa Timur Park 2. Satu ekor jantan dan 2 betina, Kebun binatang rahasia Jatim Park 2 (Secret Zoo Jatim Park 2) berhasil mengembang biakkan menjadi empat Tapir dengan hadirnya Sila setahun yang lalu.

Kini Secret Zoo Jatim Park 2 memiliki satu tapir jantan dan tiga betina, hal ini cukup melegakan para pecinta satwa khususnya Tapir, karena obyek wisata ini mampu melestarikan satwa yang masuk Genus Tapirus ini.

Keempat Tapir ini dititipkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tahun 2015 setelah ada konflik atau temuan satwa dari penduduk sekitar.

"Tapir ini dititipkan BKSDA tahun 2015 oleh BKSDA dari Taman Marga Satwa Kinantan, Bukit Tinggi setelah ada konflik oleh penduduk," ujar Kepala Dokter Hewan Secret Zoo, drh Prista Dwi Restanti.

Kehadiran Sila, semakin melengkapi koleksi satwa di kebun binatang yang dikelola oleh Batu Secret Zoo. Ia lahir bertepatan dengan lahir Pancasila, 1 Juni, karena itu anak Tapir berjenis kelamin perempuan ini diberi nama Sila.

"Kita beri nama Sila karena lahirnya bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Indukannya namanya Panda dan Bapaknya namanya Moki, kota beri nama Sila karena berjenis kelamin perempuan," ujarnya.

Sila merupakan anakan pertama Tapir yang lahir di Batu Secret Zoo

Punya 4 ekor, 3 satu jantan 2 betina, 4 ekor 1 jantan 3 betina, warna rambutnya dan kulitnya pada awal kelahiran 3-4 hitam putih tutul tutul dan sekarang sudah berwarna hitam dan putih dengan berat badan 160 kg.Edisi-Senin-17-Juni-2019-D.jpgKarena termasuk satwa herbivora, makanan utama Tapirus Indicus yang diberikan adalah daun-daunan dan buah-buahan.

BACA JUGA: E-Koran

Keberadaan Tapir di Jatim Park 2 ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, pasalnya hewan yang hanya memiliki rentang usia 30 tahun ini terancam punah.

Di dunia ada 5 spesies Tapir, dari jumlah tersebut hanya satu jenis Tapir saja yang asli dari Asia, yakni Malayan Tapir.

Spesies ini memiliki tubuh bontot besar dengan kulit berwarna hitam dan putih. Mereka juga memiliki hidung mirip belalai yang terkadang digunakan untuk snorkel saat menyelam di air atau untuk meraih buah di pohon yang tinggi.

Warna kulit di tubuh Tapir ini tidak hanya sekedar warna hitam dan putih, namun sebagai kamuflase agar pemangsa sulit membedakan tapir satu dengan lainnya. Dengan warna ini, mereka membuat tubuh Tapir terlihat seperti batu besar untuk menjaga mereka saat tidur.

Penciuman satwa ini sangat kuat menutupi kelemahan mata yang kurang tajam, mata kecil Tapir memiliki kabut biru karena terpapar sinar berlebihan, karena itulah kelemahan ini tertutupi dengan penciuman dan pendengaran yang tajam.

Ingin tahu lebih jauh soal Tapir, sebaiknya mengunjungi Secret Zoo di Jatim Park 2 yang berhasil mengembangbiakkan Tapir ini. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration