Peristiwa - Nasional

Dana Revitalisasi 40 Terminal Capai Rp 2 Triliun

Dana Revitalisasi 40 Terminal Capai Rp 2 Triliun Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (16/6/2019). (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)
Minggu, 16 Juni 2019 - 21:05

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub RI Budi Setiyadi mengatakan, revitalisasi terminal pada tahap awal akan dilakukan terhadap 40 terminal tipe A. Estimasi kebutuhan biaya mencapai Rp 2 triliun.

Pelaksanaan proyek dilakukan bertahap, di mana tahun ini akan fokus untuk perencanaan dan penyusunan detailed engineering design (DED).

"Untuk revitalisasi terminal, perencanaan dan DED dikerjakan tahun ini. Tahun depan dimulai pengerjaan dan selesai. Tapi, pak menteri minta apa tahun ini bisa dengan fisiknya sebagian, insyaallah akan kami upayakan," ujar Budi Setiyadi saat mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (16/6/2019).

Budi Setiyadi menambahkan, dana revitalisasi terminal tipe A bersumber dari APBN.

Nantinya, revitalisasi akan dilakukan ke terminal-terminal tipe A lainnya. Saat ini, terdapat 128 terminal tipe A di seluruh Indonesia. Sebelumnya, terminal tipe A dikelola pemerintah daerah.

"Terminal tipe A semua di Indonesia ada 128. Kemudian 22 belum ada berita acara serah terima. Dari seluruh yang ada di Indonesia belum semua diserahterimakan kepada Kemhub RI. Yang sudah clean dan clear, yang sudah menjadi aset kementerian itu akan segera kami perbaiki," ujar Budi saat meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta mendampingi Menteri Perhubungan RI. (*)

Jurnalis : A Riyadi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Registration