Peristiwa - Daerah

Masyarakat Banyuwangi Antusias Ikuti Deklarasi Tolak Kerusuhan

Masyarakat Banyuwangi Antusias Ikuti Deklarasi Tolak Kerusuhan Kegiatan tolak anarkisme di Taman Blambangan, Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Minggu, 16 Juni 2019 - 18:35

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Ribuan orang tumplek blek di taman Blambangan, mengikuti kegiatan jalan sehat yang digelar Polres Banyuwangi, Minggu (16/6/2019). Antusiasme ribuan masyarakat yang terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa, tokoh agama dan Forkopimda tersebut juga dimaksudkan sebagai bentuk deklarasi tolak anarkisme.

Dengan mengusung tema 'Jawa Timur Bersatu Menuju Indonesia Damai', ribuan masyarakat sepakat untuk tetap menjaga Banyuwangi tetap adem.

Hal itu ditunjukan peserta dengan menandatangani komitmen kerukunan, yakni sebagai bentuk komitmen penolakan terhadap kerusuhan menjelang Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres di Mahkamah Konsitusi (MK).

"Ini memang instruksi dari Kapolda Jatim untuk menggelar acara yang fun untuk mencairkan suasana pascapemilu," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi.

Kapolres juga menambahkan, ajang olahraga sehat ini juga sebagai bentuk cooling down dari hiruk-pikuk pagelaran Pilpres maupun Pileg lalu. Setelah beberapa waktu suasana cukup panas, kini saatnya untuk mendinginkan.

Memang, lanjut mantan Kapolres Bondowoso tersebut, pemilu serentak 2019 di Banyuwangi berlangsung lancar, aman, dan damai. Meskipun ada sedikit dinamika politik yang mengemuka. Namun tidak menyebabkan kerusuhan atau aksi-aksi yang melanggar hukum.

"Kita berharap masyarakat tidak terprovokasi hoaks dan ikut dalam aksi yang melanggar konstitusi," katanya.

Seperti yang diketahui, kejadian pada tanggal 21-22 Mei di Jakarta sangatlah kacau. Sebab itu, dirinya berharap, peristiwa seperti itu agar tidak terjadi di Banyuwangi, dan kepada masyarakat agar menghormati apapun keputusan dari MK.

"Kita minta masyarakat menghormati proses (di MK) yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Alhamdulillah Banyuwangi sampai saat ini aman," katanya.

Acara jalan sehat sekaligus deklarasi tolak anarkisme, yang digelar Polres Banyuwangi di taman Blambangan, semakin meriah saat pentas hiburan digelar. Ribuan peserta bergoyang mengikuti alunan musik, mewujudkan kegembiraan, melupakan perbedaan karena beda pilihan, namun tetap tersatukan karena satu keinginan perdamaian. (*)

Jurnalis : Agung Sedana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Loading...
Registration