Politik

SMRC: Pilpres 2019 Berlangsung Jujur Dan Adil 

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:43 | 30.20k
Lembaga survei Saiful Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru di di Kantor SMRC, Jakarta, Minggu (16/6/2019) (Foto: Edi Junaidi ds/ TIMES Indonesia)
Lembaga survei Saiful Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru di di Kantor SMRC, Jakarta, Minggu (16/6/2019) (Foto: Edi Junaidi ds/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa mayoritas publik menilai, pemilihan presiden pada 17 April 2019 (Pilpres 2019) berlangsung secara jujur dan adil.

"Secara umum, mayoritas publik menilai pemilihan anggota DPR dan pemilihan presiden berlangsung secara jujur dan adil," ujar peneliti SMRC Sirajuddin Abbas dalam pemaparan survei di Kantor SMRC, Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Menurutnya, dalam penelitian SMRC, responden mendapat pertanyaan: seberapa jujur, adil, bebas, umum dan rahasia pemilihan presiden pada 17 April 2019?.

Hasilnya, 14 persen responden menyatakan pilpres berjalan sangat jujur dan adil. Kemudian, sebanyak 55 persen responden menilai pilpres berjalan cukup jujur dan adil.

Sebanyak, 22 persen responden menyatakan pilpres kurang jujur dan adil. Kemudian, 5 persen responden menyatakan tidak jujur dan adil sama sekali. Sementara itu, 3 persen responden menyatakan tidak tahu dan tidak menjawab.

Survei mengenai opini publik ini dilakukan pada 20 Mei-1 Juni 2019. Pendanaan survei ini dibiayai sendiri oleh SMRC. SMRC melibatkan 1.078 responden yang dipilih secara acak.

Responden adalah penduduk Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilihan umum.

Pengambilan data yang dilakukan SMRC soal Pilpres 2019 ini dengan metode wawacara tatap muka secara langsung oleh pewawancara yang sudah terlatih. Adapun, margin of error dalam penelitian ini sebesar lebih kurang 3,05 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES