Peristiwa Daerah

Wali Kota Kediri Hadiri Halah Bihalal Keluarga Besar Muhammadiyah

Minggu, 16 Juni 2019 - 15:25 | 76.26k
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berfoto bersama dengan ketua DPRD Kota Kediri serta Wakil Ketua Wilayah Muhammadiyah Propinsi Jawa timur Prof. DR. H. Zainudin Maliki, Msi.
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berfoto bersama dengan ketua DPRD Kota Kediri serta Wakil Ketua Wilayah Muhammadiyah Propinsi Jawa timur Prof. DR. H. Zainudin Maliki, Msi.

TIMESINDONESIA, KEDIRIWali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menghadiri acara halal bihalal yang digelar Keluarga besar Muhammadiyah Kota Kediri. Acara Halal bihalal dan pengajian At-taawun dengan mengambil tema "Halal Bihalal Rajut Ukhuwah dan Kebersamaan Menuju Islam Berkemajuan" digelar di halaman Balai Kota Kediri, Minggu, (16/6/2019). 

Pengajian diisi oleh Wakil Ketua Wilayah Muhammadiyah Propinsi Jawa timur Prof. DR. H. Zainudin Maliki, Msi.

Sebelum dimulai, acara dibuka dengan penampilan angklung dari SMK 1 Muhammadiyah dan pencak silat tapak suci putra Muhammadiyah yang pada bulan Januari lalu berhasil meraih medali emas dan perak pada kejuaraan tingkat Internasional yang diselenggarakan di Bandung.

Walikota-Kediri-2.jpg

Acara dihadiri oleh ratusan keluarga Muhammadiyah se-Kota Kediri. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kota Kediri Kholifi Yunon, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Perwakilan Forkopimda,  Kabag Kesra Ardi Handoko serta Ketua PD Muhammadiyah Kota Kediri Fauzan Saleh.

Mengawali sambutannya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan permintaan maafnya kepada keluarga besar Muhammadiyah.

"Sebagai pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Kediri, saya mengucapkan taqobbalallohu minna wa minkum. Kalau ada kesalahan baik disengaja atau tidak disengaja terkait pelayanan yang ada di Kota Kediri, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan ke depan sistem-sistem pemerintah yang ada di Kota Kediri bisa kita perbaiki dan kita bisa memberikan pelayanan secara optimal," ujarnya.

Walikota-Kediri-3.jpg

Orang nomor satu di Kota Kediri tersebut mengatakan bahwa sebagai organisasi islam yang sudah cukup lama berdiri, Muhammadiyah telah memberikan andil yang sangat besar dalam berbagai bidang. Baik di bidang ekonomi, kesehatan maupun pendidikan.

"Muhammadiyah adalah organisasi islam yang sudah cukup tua dan sudah memberikan kemanfaatan yang sangat luar biasa. Salah satunya kita mengukurnya berdasarkan data dari BPS. Dan dari data statistik tersebut menyebutkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Kediri sudah melampaui daerah-daerah yang lain yaitu di angka 77," ucapnya.

Lebih lanjut, wali kota mengatakan kenaikan IPM bisa terjadi dikarenakan banyak sekolah, salah satunya sekolah Muhammadiyah. Untuk itu, wali kota berharap, sekolah-sekolah di bawah Muhammadiyah semakin memiliki daya saing dan kualitas.

"Di kota kediri semua harus beradu. Harus berkompetisi dengan semuanya. Ada MTs, Santa Maria, Petra, SMPN 1, SMAN 1, dsb. Kalau butuh sesuatu, mari kita diskusikan bagaimana supaya sekolah-sekolah kita bisa semakin baik," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota juga memaparkan capaian indikator makro pembangunan yang telah berhasil dilakukan pada masa periode pertama kepemimpinannya.

Walikota-Kediri-4.jpg

"Saya baru saja mengakhiri masa kepemimpinan pada periode 2014-2019. Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan mengenai indikator makro pembangunan yang mengalami peningkatan. Diantaranya indeks reformasi birokrasi, indeks kepuasan masyarakat, indeks kota layak huni, kerukunan umat beragama, indeks pertumbuhan ekonomi, kawasan kumuh di Kota Kediri yang angkanya turun, tingkat pengangguran terbuka menurun, inflasi rendah dan tingkat kemiskinan yang juga menurun. Untuk itu, saya berharap Muhammadiyah juga terus membantu pemerintah Kota Kediri," ucapnya.

"Karena Muhammadiyah punya majelis ekonomi yang nanti bisa memberikan sumbangsih pemikiran dan gerakan yang bisa sejalan dengan pemerintah sehingga bisa menurunkan kemiskinan di kota kediri secara masif," paparnya. 

Tak lupa, di periode kedua memimpin Kota Kediri, wali kota juga meminta doa dan dukungan semua pihak untuk pembangunan Kota Kediri agar lebih baik.

"Saya mohon doanya mudah mudahan lima tahun ke depan saya, Ning Lik dan seluruh jajaran yang ada di Pemerintah Kota Kediri bisa mengawal Kota Kediri untuk lebih baik lagi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kota Kediri Fauzan Saleh mengatakan bahwa halal bihalal sudah menjadi tradisi yang harus terus dilestarikan di tengah kondisi masyarakat saat ini sehingga diharapkan rasa ukhuwah islamiyah bisa terus terjaga. 

"Alhamdulillah untuk yang kesekian kalinya kita dapat menyelenggarakan halal bihalal di Balai Kota Kediri," ucapnya.

Fauzan Saleh menambahkan, telah menjadi tradisi masyarakat muslim di Indonesia untuk menyelenggarakan halal bihalal seperti ini. Maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kediri juga menyelenggarakan acara yang sama. Kali ini tema yang diangkat adalah Dengan halal bihalal Kita rajut ukhuwah dan kebersamaan menuju islam berkemajuan.

"Tema ini sangat relevan dengan kondisi kita bangsa Indonesia dan khususnya warga Muhammadiyah, dimana dengan dinamika sosial politik yang terjadi hari ini saatnya momentum silaturahmi, halal bihalal ini menjadi momentum yang baik untuk merajut ukhuwah islamiyah," ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES