Peristiwa - Daerah

Putihkan Alun-alun, Warga Bondowoso Deklarasi Pemilu Damai

Putihkan Alun-alun, Warga Bondowoso Deklarasi Pemilu Damai Ribuan warga di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur berkumpul di Alun-alun RBA Ki Ronggo untuk deklarasi tolak kerusuhan pasca Pemilu 2019 (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Minggu, 16 Juni 2019 - 10:11

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sekitar 3000 warga di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, berkumpul di Alun-alun RBA Ki Ronggo. Mereka mendeklarasikan Pemilu damai dan menolak kerusuhan pasca Pemilu 2019.

Ribuan warga tersebut, terdiri dari berbagai elemen masyarakat di Bondowoso. Mulai pimpinan eksekutif, legislatif, Forkopimda, toga, toda, tomas, dan masyarakat secara umum. Mereka mengankan kaos putih dengan tagline #TolakKerusuhan.

Dari pihak eksekutif dihadiri oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Ketua DPRD H Tohari S.Ag, Kapolres AKBP Ferbriansyah, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, dan beberapa pimpinan instansi terkait.

Dalam kesempatan itu, para ribuan warga yang hadir, juga memubuhkan tanda tangan di sebuah papan yang disediakan, untuk menolak kerusuhan.

Pemilu-damai-a.jpg

Dalam sambutannya, Wabup Irwan mengatakan, deklarasi pada hari ini bagian dalam rangka membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam pelaksanaan kehidupan berdemokrasi.

“Yang semuanya mengikat untuk diwujudkan pasca perhelatan Pemilu serentak April Kemarin,” katanya.

Dia juga mengingatkan kembali, bahwa masyarakat boleh berbeda bendera, berbeda warna ataupun berbeda simbol.

“Namun harus kita ingat, tujuan kita adalah sama. Yaitu menginginkan bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi kedepannya,” harapnya.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat di Bondowoso, agar tidak terpengaruh informasi atau ajakan yang memprovokasi, untuk memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Mari bersama-sama kita menjaga ketertiban,  keamanan dan saling bersilaturahmi. Sehingga Bondowoso selalu dalam keadaan aman dan damai,” imabunya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Ferbriansyah menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kabupaten Bondowoso.

“Kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan kerusuhan, dan menjaga Bondowoso agar bersatu, supaya Indonesia tetap bersatu,” imbaunya.

Dia juga meminta agar masyarakat tidak terpancing dengan informasi hoaks, dan provokasi.

Deklarasi Pemilu damai dan menolak kerusuhan pasca Pemilu 2019, yang diikuti oleh ribuan warga di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, sekaligus dikemas dengan olah raga bersama di CFD.(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration