Gaya Hidup

Langkah Mudah Mengatasi Insomnia pada Wanita Hamil

Minggu, 16 Juni 2019 - 02:02 | 224.12k
ILUSTRASI - Insomnia pada Wanita Hamil. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Insomnia pada Wanita Hamil. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu gangguan yang sering dialami wanita hamil adalah susah tidur atau insomnia. Jika tidak segera diatasi, kualitas tidur akan menurun dan berbahaya pada ibu dan janin di rahimnya. Bagaimana mengatasi insomnia pada wanita hamil?

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Membentuk siklus circadian yang benar

Selalu pastikan siklus tidur yang Anda miliki berjalan dengan lancar. Dengan siklus tidur yang berjalan dengan lancar, Anda bisa langsung mengantuk begitu jamnya tiba. Misal Anda membiasakan diri untuk tidur setiap pukul 21.00 setiap harinya. Mendekati pukul 21.00, tubuh akan mulai lelah dan kantuk susah ditahan.

Kalau Anda membiasakan diri untuk tidur sangat lama, begitu hamil akan terus mengalaminya. Padahal wanita hamil butuh istirahat lebih banyak mengingat rasa lelah wanita hamil lebih besar. Apalagi saat sedang hamil tua tubuh terasa sangat berat

2. Mengonsumsi makanan yang memicu kantuk

Kalau kantuk belum juga muncul, yang bisa Anda lakukan adalah memicu rasa kantuk itu muncul. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Anda bisa makan sebelum tidur atau saat rasa kantuk tidak kunjung muncul padahal jam tidur sudah datang.

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat seorang wanita hamil mudah mengantuk terdiri dari kacang almond atau kacang mede. Pisang dan keju juga membuat rasa kantuk cepat muncul. Kombinasikan beberapa makanan itu dengan segelas susu hangat yang membuat perut jadi kenyang dan nyaman.

3. Lakukan relaksasi

Wanita yang sedang hamil besar akan memiliki kadar kortisol yang tinggi. Kadar kortisol memicu stres yang berlebihan pada tubuh. Dampaknya, wanita hamil akan sulit sekali untuk tidur di malam hari, apalagi kondisi fisiknya sedang tidak nyaman.

Kalau Anda tidak bisa tidur di malam hari dan sering dipicu oleh kondisi stres. Ada baiknya untuk segera melakukan relaksasi. Beberapa cara relaksasi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan yoga dan meditasi. Olah napas juga bisa dilakukan untuk membuat tubuh tenang dan rasa kantuk muncul.

4. Membaca buku

Coba baca buku dengan santai hingga rasa kantuknya muncul. Letakkan buku di dekat bantal agar sewaktu-waktu bisa membaca. Oh ya, jangan sesekali membaca dari laptop karena cahaya yang berlebih bisa membuat rasa kantuk hilang.

5. Mandi dengan air hangat

Cara termudah yang bisa dilakukan agar Anda bisa tidur dengan nyenyak, tapi jarang dilakukan adalah mandi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat, Anda bisa membuat tubuh jadi lebih relaks. Kalau tubuh sudah sangat relaks, Anda bisa tidur dengan lebih cepat.

6. Melakukan aktivitas seperti biasa

Lakukan aktivitas seperti biasa saja, tapi jangan berlebihan seperti angkat barang. Dengan melakukan beberapa aktivitas seperti biasa, tubuh akan lelah di sore hari dan Anda mudah sekali mengalami kantuk. Selama ini beberapa wanita hamil jarang melakukan aktivitas karena takut mengganggu kehamilannya. Akhirnya mereka malah jadi pasif dan tubuh mengikutinya.

7. Memakai pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dan bersih. Wanita hamil sangat sensitif dengan banyak hal. Kalau pakaian yang digunakan terlalu kotor, tubuh akan mudah gatal dan akhirnya mengganggu tidurnya yang nyenyak.

Sebisa mungkin untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Sebelum tidur disarankan untuk mandi lalu menggunakan pakaian. Bersihkan juga kamar tidur sehingga saat jam tidur tiba, Anda bisa segera tidur dengan nyenyak tanpa ada gangguan lagi.

Beberapa hal di atas bisa mengatasi insomnia yang terjadi pada wanita hamil. Dengan melakukan beberapa hal di atas, Anda bisa dengan mudah tidur meski kondisi perut terus membesar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES