Olahraga

Medina Warda Aulia Tekuk Grand Master Belanda di Japfa Chess Tournament 2019

Medina Warda Aulia Tekuk Grand Master Belanda di Japfa Chess Tournament 2019 Suasana Japfa Chess Tournament 2019 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Sabtu (15/6/2019). (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Sabtu, 15 Juni 2019 - 21:31

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Woman Grand Master (WGM) asal Indonesia Medina Warda Aulia mengungguli pecatur Belanda, GM Ivan Sokolov pada putaran kedua Japfa Chess Tournament 2019 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Sabtu (15/6/2019).

Medina menang di langkah ke-54 dengan menyisakan waktu sekitar 27 menit pada ajang bertajuk JAPFA GM and WGM Chess Tournament 2019. Menurut Medina, bermain lepas menjadi kekuatannya saat melawan atlet catur berusia 50 tahun tersebut.

“Di awal, aku pegang putih, saat opening kurang enak posisinya, lalu bisa imbang, dan akhirnya ada kesempatan buat menang,” kata Medina seusai bertanding.

Medina mengungkapkan kesempatan itu muncul ketika berani bertindak di luar kebiasaan. Medina memainkan raja di saat perwiranya masih banyak. "Raja dimainkan saat perwira masih banyak itu jarang dilakukan di catur,” terang Medina.

Menurut Medina, langkah ke-38 menjadi kunci kemenangannya. Dia berani memindahkan raja ke G3 dan H4.

Dia juga menilai Ivan juga sempat salah langkah pada pertandingan. Selain itu, selisih waktu keduanya juga jauh. Ivan hanya menyisakan waktu empat menit.

Medina mengikuti kategori putra JAPFA Chess Tournament. Dia menyebutkan tiga alasan memilih bertanding di kelompok putra.

Pertama, di kelompok putra Medina bisa mendapat pengalaman bertanding di beragam perhelatan tingkat dunia. Kedua, dia bisa mendapat kesempatan IM putra. Ketiga, Medina bisa memiliki peluang menaikkan ranking.

“Karena saya di putri sudah Woman Grand Master (WGM), jadi kalau bermain di putri targetnya cuma juara saja,” jelas pecatur Medina Warda Aulia yang mengungguli pecatur Belanda, GM Ivan Sokolov pada putaran kedua Japfa Chess Tournament 2019 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. (*)

Jurnalis : A Riyadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Loading...
Registration