Glutera News

Pentingnya Passion untuk Meningkatkan Semangat

Sabtu, 15 Juni 2019 - 10:54 | 368.73k
(foto: Glutera News)
(foto: Glutera News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Passion adalah sesuatu yang tidak pernah kita bosan untuk melakukannya. Passion tidak memikirkan untung dan rugi.
Mari simak ulasan mengenai definisi passion dan berbagai hal yang berkaitan dengan passion yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi kita.

Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus berpikir untuk mewujudkan sesuatu, dan ia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi. Dalam proses merealisasikannya, dia tidak akan pernah menyerah.

Ia akan melakukan yang terbaik yang ia dapat lakukan. Setiap hari merupakan kesempatan baru yang ia dapatkan dan berusaha untuk tidak menyia-nyiakannya.
Passion adalah sebuah keinginan yang begitu mendalam dari dalam lubuk hati yang dilakukan tanpa adanya paksaan ataupun beban walaupun ia tidak mendapatkan materi sebagai upah.

Passion Setiap Orang Berbeda

Menemukan harta karun nampaknya dapat menggambarkan suatu kondisi dimana seseorang menemukan passion dalam hidupnya. Tidak ada tantangan yang berarti dan hambatan yang menghalangi ketika ada passion di dalamnya.

Keraguan dan ketakutan tak menjadi persoalan saat berjalan beriringan dengan sebuah passion. Bahkan senyuman tetap nampak dalam raut wajah meskipun orang-orang di sekitar merendahkan proses dari apa yang dilakukan untuk mengejar passion tersebut.

Setiap orang sukses tak jauh dari passion yang menjadi motor penggerak kesuksesan mereka. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menemukan passion dalam hidup ini.

Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan passion yang perlu Anda ketahui.
 
1. Passion bukanlah hobi atau mimpi

Pada film tahun 2004, National Treasure, pemburu harta karun, Benjamin Gates bertanya kepada sahabat karibnya, Riley, dengan pertanyaan sederhana ini: “Kami tidak membutuhkan orang gila. Tapi selangkah lebih gila. Apa yang kamu miliki? “ Riley menyahut “Obsesi”. Tapi Benjamin Gates mengoreksi dia dengan kata “Passionate.”

Bila Anda melakukan apa yang Anda sukai pada tingkat sedang-sedang saja, maka Anda bisa menyebutnya sebagai hobi. Hobi tersebut bisa jadi memasak, berkebun, menyanyi di kamar mandi, membongkar gadget dan lain sebagainya.

Tapi ketika Anda melakukan sesuatu yang lebih dari sebuah hobi, maka Anda sedang menemukan passion Anda.

2. Bahagia dengan passion Anda

Salah satu alasan mengapa Anda terus melakukan passion Anda adalah karena ada perasaan bahagia tersendiri saat melakukannya. Passion berakar pada tubuh dan jiwa Anda. Anda akan begitu bahagia ketika melakukannya bahkan ketika hal itu Anda kerjakan melebihi dari jam kantor Anda.

Ada gairah untuk terus melakukannya meskipun sebetulnya Anda sedang dalam kondisi yang lelah. Pada awalnya, memang sulit melihat apa passion Anda, namun ketika Anda telah menemukannya, tanpa disadari hal itu tidak akan membuat Anda berhenti melakukannya.

3. Anda bahkan tidak menyadarinya

Setiap profesi sesungguhnya memiliki unsur passion masing-masing. Ada diantaranya yang memiliki passion menjadi seorang pekerja sosial untuk korban bencana atau tentara untuk menyelamatkan korban perang sipil di sebuah negara.

Tentu saja, itu membutuhkan passion yang kuat dari dalam jiwa sehingga mereka tidak enggan untuk menyelesaikan misi mereka hingga akhir.

Bahkan guru seorang anak berkebutuhan khusus pun memiliki panggilan passion tersendiri, layaknya seorang pegawai rumah sakit yang harus menghadapi luka ataupun darah yang mengerikan.

Ketika kita melakukan passion itu, terkadang kita sudah terbiasa dengannya sehingga seringkali Anda pun tidak menyadari bahwa passion tersebut sedang bekerja dalam diri Anda.

4. Tak peduli seberapa sakit ataupun lelah

Ketika passion sedang bergerak dalam jiwa kita, seberapa sulit, keras dan bahkan menakutkannya sesuatu tersebut, tidak akan ada yang dapat menghalangi kita untuk menyelesaikannya.
Anda akan terus mengejar passion tersebut walaupun Anda harus terluka untuk memenuhinya.

5. Passion sesungguhnya muncul sejak kecil

Tanpa disadari, passion sebetulnya sudah ada sejak kita terlahir. Hanya saja ketika kita beranjak dewasa, kita hanya perlu menyadarinya bahwa ia ada sejak kita kecil. Hal sederhana yang tak disadari sebelumnya, seringkali passion ada di dalamnya.

6. Anda tidak dapat menghentikanya

Inilah kekuatan dari sebuah passion.
Tidak ada seorangpun yang dapat menghentikannya, kecuali Anda memang tidak mau melakukannya. Namun, karena ini adalah passion Anda, bahkan Anda sendiri akan sangat tersiksa ketika akan menghentikannya.

Anda tidak akan tenang menjalani hidup ketika Anda lari dari passion Anda. Hidup Anda terasa hambar ketika Anda tidak melakukan passion Anda. Mungkin segalanya akan nampak baik di luar, namun jiwa Anda sedang tersakiti karena tidak melakukan tuntutan dari passion tersebut.

Hidup tanpa passion bisa digambarkan layaknya kerja selama 8 jam sehari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, 40 jam seminggu, menerobos kemacetan tanpa sebuah semangat dan hanya untuk mengejar uang semata.

Itulah sebabnya setiap orang memiliki passion yang berbeda. Mencintai sebuah pekerjaan bisa dikatakan sebagai passion.
Tidak ada kata beban yang dirasakan walaupun tanpa mendapat bayaran sekalipun ia tetap pergi untuk menjalankan misinya hingga selesai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES