Gaya Hidup

Bayi Menangis di Pesawat, Ini yang Harus Dilakukan

Bayi Menangis di Pesawat, Ini yang Harus Dilakukan ILUSTRASI - Membawa bayi bepergian menggunakan pesawat terbarng. (FOTO: Instagram/bellashofie5292)
Sabtu, 15 Juni 2019 - 05:20

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membawa bayi bepergian memang bukan hal yang mudah. Bayi bisa menangis di pesawat, mobil, kereta, atau kendaraan lain saat diperjalanan. Saat merasa tidak nyaman, bayi bisa menangis dan susah untuk ditenangkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika bayi sedang menangis. Namun cara ini tentunya untuk menghentikan tangisan bayi bukan karena alasan lapar ataupun buang air. Apa saja?

1. Gendong bayi

Cara  pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meletakan bayi menggendong bayi dengan kain atau tangan. Kemudian goyang bayi perlahan. Studi mengungkapkan respons tenang akan tercipta di otak bayi ketika mereka digendong atau digoyangkan. Ini akan menyebabkan denyut jantung bayi melambat dan otot jadi lebih rileks.

2.  Ayun-ayunkan Bayi
Ayunan ini akan memberikan ritme yang dapat menenangkan bayi bahkan membuatnya mengantuk. Anda juga bisa mengajak anak untuk berjalan menyusuri lorong kabin. Perhatikan tanda lampu sabuk pengaman sebelum melakukan hal tersebut. Pastikan tanda lampu mati yang menandakan penumpang aman untuk beraktivitas tanpa sabuk pemgaman. 

3. Nyalakan musik 
Untuk meredakan tangis bayi, nyalakan benda apapun yang dapat mengeluarkan suara atau musik. Seperti gerakan, musik memiliki kemampuan untuk menenangkan ketegangan saraf, menurunkan denyut jantung bayi dan pernapasan. Jika tak ada musik, jangan remehkan suara Ada sendiri.

4. Alihkan dengan mainan
Salah satu cara terbaik untuk membuat bayi berhenti menangis di pesawat adalah dengan mengalihkan perhatiannya dengan mainan. Selalu bawa mainan kesukaan anak dan berikan saat dia menangis. Anda juga bisa mengalihkannya dengan memperlihatkan foto atau video lewat ponsel atau laptop. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration