Peristiwa - Daerah

Hadapi Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK RI, KPU Daerah Diminta Bersiap ke Jakarta

Hadapi Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK RI, KPU Daerah Diminta Bersiap ke Jakarta Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim (FOTO: Dokumen/TIMES Indonesia)
Jum'at, 14 Juni 2019 - 18:15

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Komisioner KPU di daerah diminta siap ke Jakarta, bila dibutuhkan sewaktu-waktu untuk menghadapi sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi RI atau MK RI. Termasuk KPU Kabupaten dan Kota Probolinggo.

Hal itu diakui Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri dan Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim, saat dihubungi terpisah, Jumat (14/6/2019) sore.

“Memang diminta stand by, bila sewaktu-waktu dibutuhkan sebagai saksi harus siap,” kata Lukman kepada TIMES Indonesia.

Baik di Kabupaten maupun Kota Probolinggo, paslon 01 yaitu duet Jokowi-KH Ma’ruf Amin, unggul atas paslon 02 yaitu duet Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sebelumnya, KPU Kabupaten dan Kota Probolinggo diminta KPU RI untuk menyusun alat bukti untuk menghadapi gugatan Pilpres 2019, yang dilayangkan paslon 02.

Alat bukti yang diminta terdiri atas 14 jenis dokumen. Antara lain form DB1 (hasil rekapitulasi kabupaten/kota), form DA1 (hasil rekapitulasi tingkat kecamatan), dan DAA1 (hasil rekapitulasi tingkat desa/kelurahan).

Untuk memenuhi permintaan tersebut, KPU Kabupaten dan Kota Probolinggo membuka kotak. “Kami buka kotak di 24 kecamatan yang disimpan di gudang,” kata Lukman.

Hudri mengatakan, alat bukti tersebut dikirim ke provinsi pada Minggu (9/6/2019). Kemudian Selasa (11/6/2019) dokumen tersebut dikirim ke Jakarta.

“Staf KPU diminta ke KPU RI untuk menyempurnakan berkas-berkas alat bukti yang ada,” kata Hudri saat dihubungi terpisah. Sidang sengketa Pilpres 2019 di MK RI dimulai Jumat tadi. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration