Peristiwa Daerah

BMKG Banyuwangi Beri Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Jumat, 14 Juni 2019 - 15:05 | 65.73k
Kondisi di perairan selatan Banyuwangi (Foto : Rizki Alfian/TIMESIndonesia)
Kondisi di perairan selatan Banyuwangi (Foto : Rizki Alfian/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG Banyuwangi) mengeluarkan peringatan dini mengenai gelombang tinggi di sejumlah perairan di Banyuwangi.

“Di perairan Selat Bali gelombang laut sekitar 0,3 - 1,5 meter, kecepatan angin mencapai 05 - 16 knots. Sedangkan di perairan selatan Banyuwangi sekitar 2,5 - 3,5 meter dan kecepatan angin 04 - 14 knots. Angin bergerak dari tenggara ke selatan,” ungkap Prakirawan BMKG Banyuwangi, Fredy, Jumat (14/6/2019).

Menurut Fredy, peningkatan gelombang laut tersebut terjadi akibat adanya fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO). MJO merupakan gelombang atmosfer yang membawa massa udara basah.

“Dari fenomena tersebut seringkali muncul awan cumulonimbus yang perlu diwaspadai. Sebab selain gelombang tinggi, terkadang angin kencang juga menyertai,” ucap Fredy.

Sementara itu mengenai prediksi cuaca, BMKG menyebut hampir seluruh wilayah di Banyuwangi kondisinya berawan hingga hujan ringan.

Untuk itu, BMKG Banyuwangi memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya para nelayan untuk mengurangi aktifitas melaut. Sebab kondisi tersebut dinilai berbahaya karena gelombang tinggi dan angin kencang bisa terjadi sewaktu-waktu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES