Peristiwa - Daerah

Pemkab Blitar Siapkan Tenaga Medis untuk Pilkades 2019

Pemkab Blitar Siapkan Tenaga Medis untuk Pilkades 2019 Bupati Blitar Drs H Rijanto MM (FOTO : Sholeh /TIMES Indonesia)
Jum'at, 14 Juni 2019 - 14:11

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar, Drs H Rijanto MM akan memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk mendorong Puskesmas menyiapkan tenaga medis di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades 2019) yang akan dilaksanakan bulan Desember mendatang.

Hal itu sebagai langkah antisipasi Petugas pemilihan sakit. Dikatakannya, jangan sampai pengalaman Pemilu 2019 yang menelan korban petugas meninggal terjadi di Pilkades kabupaten Blitar.

"Waktu Pilpres dan Pileg 2019 kita lengah terhadap kesehatan petugas pemilihan di lapangan sehingga ada kejadian meninggal dunia, meskipun sebelumnya memang ada riwayat sakit," kata Bupati Kamis, 14 Juni 2019.

Diutarakan Bupati, pada Pilkades nanti, Puskesmas akan mengatur dan menyiapkan tenaga medis di desa desa yang  menyelenggarakan Pilkades. Oleh karenanya Bupati berharap, semua petugas pemilihan agar memeriksakan kesehatannya sebelum melaksanakan Pilkades.

"Supaya petugas lebih sehat dan Pilkades berjalan lancar," tambahnya.

Kabupaten Blitar akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di 167 desa secara serentak pada tanggal 15 Oktober 2019 mendatang. Tahapan Pilkades diawali dengan kegiatan peresmian Desk Pilkades yang terdiri dari unsur Forkopimda, Setda, asisten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Muspika.

Dikatakan Rijanto, setelah peresmian Desk Pilkades ini, Pemkab Blitar  mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di wilayah masing-masing kecamatan dan akan ada sosialisasi kepada seluruh desa dan kelurahan yang mengadakan Pilkades.

"Kita sudah berkali kali mengadakan Pilkades 2019. di tahun 2016 ada 21 desa, tahun 2018 ada 31 desa dan tahun 2015 ada 156 desa," tegas Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM. (*)

Jurnalis : Muhammad Sholeh
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

Komentar

Loading...
Registration