Peristiwa Daerah

IKA UA dan Pemkab Jember Gelar Fun Bike, Difabel Bisa Ikut

Jumat, 14 Juni 2019 - 13:38 | 54.71k
Panitia acara Fun Bike dalam rangka Hari Lahir Pancasila oleh IKA UA dan Pemkab Jember. (foto: Istimewa)
Panitia acara Fun Bike dalam rangka Hari Lahir Pancasila oleh IKA UA dan Pemkab Jember. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Cabang Jember ikut menyemarakkan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dengan menggelar Fun Bike pada Minggu 30 Juni 2019. Tema yang diangkat yakni Kita Indonesia Kita Pancasila.

Ketua panitia Fun Bike I Nyoman Semita menjelaskan, kegiatan yang bekerja sama dengan Pemkab Jember ini juga untuk memperingati HUT ke-47 IKA UA.

"Kegiatan kolosal yang dalam bentuk bersepeda bersama ini memiliki maksud dan tujuan untuk berpartisipasi dalam menegakkan NKRI dan pembangunan," katanya dalam keterangan pers yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (14/6/2019).

Dia mengatakan, bersepeda bersama ini juga untuk menjalin silaturrahmi dengan semua pihak, dan sinergi semua unsur masyarakat Jember dalam memajukan pembangunan bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat Jember.

"Jadi intinya, acara ini benar-benar untuk bersilaturahmi, buat semua yang bekerja dan masyarakat umum," ungkapnya. 

Fun bike ini kegiatan olahraga nonprestasi, dengan start dan finish di Jember Sport Garden (JSG). Ada tiga rute yang disediakan, yakni 0 Km bagi peserta yang hanya ingin menikmati suasana gembira dengan menyaksikan hiburan rakyat, pameran UMKM, senam sehat, dan lainnya.

Rute 16 KM diperuntukkan bagi peserta yang tidak bersedia untuk rute panjang. Dan rute 26 KM, diperuntukkan bagi Gowes Mania. Pada Rute ini peserta diajak menanam bibit tanaman di kebun milik PTPN XII.

"Para bikers bisa bebas untuk memilih rute, dan memperoleh semua hak yang sama, termasuk pengundian kupon," jelasnya.

Untuk pameran UMKM, jelasnya, panitia menyediakan sedikitnya 30 booth gratis untuk pelaku UMKM. Ini untuk memajukan UMKM di Kabupaten Jember. 

Disediakan juga hiburan rakyat dan senam sehat, berupa tarian, musik patrol dan panggung hiburan. Ini disediakan peserta yang tidak ikut bersepeda. Acara ini dilaksanakan pada saat peserta pesepeda sudah diberangkatkan. 

"Bagi masyarakat yang tidak ikut bersepeda bisa menikmati hiburan dan ikut senam sehat," katanya. 

Semita berharap peserta yang ikut mencapai 5.000 orang, berasal dari keluarga besar IKA UA dan umum. Pendaftaran per kupon sebesar Rp 100 ribu. 

Acara ini juga memperhatikan aksesbilitas bagi peserta disabilitas yang ingin ikut berpartisipasi. Panitia menyediakan jalur khusus penyandang disabilitas dengan konseling dari dinas sosial. 

Hadiah acara Fun Bike  yang disediakan panitia dari IKA UA dan Pemkab Jember berupa 1 unit rumah tipe 30/60 di lokasi Perum Taman Gading, 1 paket umroh, 4 unit motor Mio, 6 unit LCD TV 32 Inchi, 10 sepeda gunung, 4 lemari es 1 pintu, 12 kipas angin, 15 kompor gas, dan door prize lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES