Peristiwa Daerah

Pemkab Jember Gelar Waton Parade 2019, Catat Tanggalnya

Jumat, 14 Juni 2019 - 13:29 | 135.26k
Poster Waton Parade 2019, even yang digelar Pemkab Jember. (Istimewa)
Poster Waton Parade 2019, even yang digelar Pemkab Jember. (Istimewa)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Untuk melestarikan tradisi masyarakat, Pemkab Jember kembali menggelar Festival Pegon. Kali ini dikemas dalam Waton Parade 2019.

Persiapan telah dilakukan guna suksesnya momen tahunan yang digelar di Kecamatan Ambulu ini, tepatnya di tempat wisata Watu Ulo.
Dalam Rapat Koordinasi Kamis (13/6/2019) di Aula Bawah Kantor Pemkab Jember.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember Anas Ma’ruf mengungkap beberapa kegiatan yang akan ikut meramaikan momen menarik tersebut. 

“Kita meriahkan dengan festival bakar ikan dan pengumuman Gus-Ning 2019,” terangnya kepada wartawan. Gus dan Ning Jember merupakan duta wisata Kabupaten Jember.

Waton.jpg

Terkait dengan festival bakar ikan, Anas menjelaskan  bahwa acara ini juga terkait dengan program pemerintah dalam menggerakkan masyarakat gemar makan ikan. 

Selain itu, Waton Parade 2019 menjadi momen untuk mengikutsertakan potensi Watu Ulo sebagai wilayah pantai, dengan masyarakat yang bekerja sebagai nelayan. 

“Even ini untuk menggerakkan potensi ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat sekitar,” ungkap Anas.

“Sehingga acara ini betul-betul menjadi acara masyarakat,” imbuhnya.

Panitia tidak memberikan batasan peserta festival bakar ikan ini. Semua lapisan masyarakat mempunyai kesempatan yang sama untuk andil sebagai peserta.

Ada sekitar 200 kuota peserta yang disesuaikan dengan tempat bakar ikan yang disediakan. Selain tempat bakar ikan, panitia menyediakan peralatan lainnya seperti arang dan kipas. 

Bahkan panitia juga menyediakan dua ekor ikan beserta nasi, plus bumbu bakar ikan. Jadi, peserta langsung bisa menikmati hasil bakar ikannya. 

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Kantor Kecamatan Ambulu, serta kantor Desa Sumberejo. Tidak ada biaya pendaftaran alias gratis. 

Meski tidak ada pemenang dalam festival bakar ikan ini, panitia akan memberikan hadiah bagi peserta yang masuk dalam kriteria tertentu.

"Seperti peserta paling heboh, nanti langsung kita beri hadiah,” ucap Anas. 

Terkait dengan parade Pegon, Anas menjelaskan akan melibatkan mahasiswa asing yang ada di Jember untuk ikut naik Pegon.

“Nanti peserta juga wajib mengenakan pakaian adat,” terangnya. 

Waton Parade 2019 dalam Festival Pegon ini digelar pada 23 Juni 2019 mulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Titik berangkat di Balai Desa Sumberrejo dan selesai di Pantai Watu Ulo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES