Wisata

Warga Kampung NU di Joso Magetan Gelar Wisata Lebaran Ketupat

Warga Kampung NU di Joso Magetan Gelar Wisata Lebaran Ketupat Suasana wisata lebaran ketupat di Dusun Joso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Rabu, 12 Juni 2019 - 22:28

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Warga Kampung Nahdlatul Ulama (Kampung NU) di Dusun Joso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menggelar wisata lebaran ketupat, Rabu (12/06/2019).

Hal itu merupakan salah satu upaya untuk melestarikan tradisi untuk menjaga kerukunan terhadap sesama.

Di sana, pengunjung dapat menjumpai ribuan ketupat yang berjejer rapi mulai dari pintu masuk Dusun Joso. Tak hanya itu, warga setempat juga menyediakan hidangan di depan rumah masing-masing secara gratis bagi siapa saja yang hadir.

"Filosofi ketupat mengandung arti yang sangat dalam. Kupat artinya ngaku lepat atau mengaku bersalah, jadi setiap orang itu punya salah dan mengaku salah yang akhirnya saling meminta maaf dan memaafkan,” tutur KH. Mansyur Ketua PCNU Kabupaten Magetan, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, bentuk ketupat mulai dari ukuran besar dan kecil memiliki makna yang dalam. Yakni, masyarakat tingkat bawah hingga pejabat bisa membaur bersama tanpa memandang setatus.

"Dengan adanya event tahunan wisata lebaran ketupat ini, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi," imbuh Ketua PCNU Kabupaten Magetan ini. (*)

Jurnalis : MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Magetan

Komentar

Registration