Kamis, 19 September 2019
Peristiwa - Daerah

Pilkades Serentak Gunakan E-Voting, Kadin Permasdes Magetan Yakin Tak Ada Kecurangan

Pilkades Serentak Gunakan E-Voting, Kadin Permasdes Magetan Yakin Tak Ada Kecurangan Kadin Permasdes Kabupaten Magetan, Iswahyudi Yulianto saat memberikan keterangan kepada Jurnalis TIMES Indonesia. (FOTO: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Rabu, 12 Juni 2019 - 20:33

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan (Permasdes Magetan), Iswahyudi Yulianto mengaku, optimistis Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Magetan secara elektronik atau e-Voting dapat berjalan secara transparan tanpa ada kecurangan.

Pasalnya, melalui teknologi tersebut data akan berjalan sesuai sistem yang pasti. "Insya Allah saya yakin data aman dan tidak ada kecurangan, nanti juga ada pendampingan," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (12/6/2019).

Yuli mengatakan, dengan menggunakan teknologi e-Voting, hasil dapat diketahui secara cepat. Sedangkan, kecurangan bisa terjadi karena ada jeda waktu yang lama untuk menghitung.

"Nanti sistem akan menghitung secara otomatis, dan satu jam setelah penutupan datanya bisa segera dikeluarkan. Jadi yang menghitung bukan lagi orang," jelasnya.

Sementara itu, Pemkab Magetan akan menggelar Pilkades serentak di 184 desa di Kabupaten Magetan pada November atau Desember 2019 mendatang.

Rencananya, Pemkab setempat akan melakukan pengadaan sebanyak 60 alat e-Voting. "Harga satu paketnya Rp 54 juta. Nanti pengadaan alatnya sekitar bulan September atau Oktober 2019," terangnya.

Yuli berharap, proses Pilkades serentak di Kabupaten Magetan dapat berjalan dengan lancar dan selesai dengan cepat. Selain mempersiapkan alat, pihaknya juga melakukan revisi Peraturan Bupati (Perbub). "Perbub akan direvisi dengan menambahkan teknologi e-Voting, karena dulu masih manual, tetapi untuk Perdanya sudah jelas. Targetnya maksimal 10 hari bisa rampung," imbuh Kepala Dinas Permasdes Magetan(*)

Jurnalis : MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Magetan

Komentar

Registration