Peristiwa - Daerah

Kabupaten Malang Akan Luncurkan Pelayanan Serba Gratis Mulai Tahun 2020

Kabupaten Malang Akan Luncurkan Pelayanan Serba Gratis Mulai Tahun 2020 Plt Bupati Malang, HM Sanusi, Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi S. Sos ketika meletakkan batu pertama pembangunan Mushala Salsabilla. (FOTO: widodo irianto/TIMES Indonesia)
Rabu, 12 Juni 2019 - 17:33

TIMESINDONESIA, MALANG – Mulai tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Malang akan menerapkan pelayanan serba gratis bagi keluarga miskin di Kabupaten Malang.

"Kami masih menunggu persetujuan DPRD karena ini nanti akan menyangkut pendapatan daerah," kata Plt Bupati Malang, HM Sanusi usai meletakkan batu pertama pembangunan Mushala Salsabila milik Perumda Tirta Kanjuruhan, Rabu (12/6/2019) siang.

Sanusi mengatakan serba gratis itu hanya diperuntukkan bagi gakin (keluarga miskin) diantaranya SPP, pelayanan air bersih,  pelayanan kesehatan dan sebagainya.

HM-Sanusi-2.jpg

"PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) juga akan kami gratiskan. Sekarang sedang kami data keluarga miskin. Pokoknya semua program pemberian kemudahan kepada masyarakat yang kami lakukan ini nanti harus persetujuan dewan dulu," tambahnya.

Sanusi optimistis, DPRD akan menyetujui,  karena sebenarnya program-program itu datangnya dari usulan DPRD yang menginginkan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

"Ngurus KTP, KK dan Akta Kelahiran mulai tahun depan juga sudah bisa diurus di Kecamatan. Pokoknya semua urusan yang menyangkut Pendukcapil tahun depan semuanya harus sudah di Kecamatan," ujar Sanusi lagi.

Untuk pelayanan air bersih sendiri, nantinya semua juga akan menggunakan sistem elektronik. Perumda Tirta Kanjuruhan, enam bulan ke depan akan gencar melakukan sosialisasi untuk itu. Nantinya mulai pasang baru sampai pembayaran abonemennya nantinya cukup menggunakan hp.

Perumda Tirta Kanjuruhan yang merupakan metamorfosa dari PDAM Kabupaten Malang ini seperti diungkapkan Direktur Utamanya, Syamsul Hadi S.Sos, juga terus memberikan pelayanan gratis sekaligus bersamaan dengan melaksanakan BUMD yang profesional berdasarkan Good Corporate Governance (Tata kelola Perusahaan Yang Baik).

"Pada HUT kali ini kami juga memberikan pelayanan gratis kepada 50 keluarga miskin. Bahkan sekaligus kami memberikan penghargaan bagi pelanggan paling disiplin dalam membayar tagihan rekening, serta penghargaan bagi pegawai terbaik," ujar Syamsul.

Syamsul menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan seluruh stakeholder selama ini. “Kami telah mencapai usia 38 tahun, izinkan saya dengan segala kerendahan hati, mengucapkan terima kasih atas bantuan, kerjasama dan dukungan terhadap perusahaan ini. Semoga kedepannya kebersamaan dan hubungan baik ini dapat tetap terjaga sehingga Perumda Tirta Kanjuruhan semakin maju," katanya.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Malang jiga akan menerapkan pelayanan serba gratis bagi keluarga miskin di Kabupaten Malang mulai tahun 2020. Plt Bupati Malang, HM Sanusi menyatakan pihaknya  masih menunggu persetujuan DPRD karena hal ini nantinya menyangkut pendapatan daerah. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration