Senin, 16 September 2019
Politik

NasDem Tak Persoalkan Jokowi Angkat Menteri dari PAN dan Demokrat

NasDem Tak Persoalkan Jokowi Angkat Menteri dari PAN dan Demokrat Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Nasdem Johnny G Plate. (FOTO:Istimewa)
Selasa, 11 Juni 2019 - 23:43

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan partainya tidak mempermasalahkan Presiden Jokowi untuk mengangkat menteri dari PAN dan Partai Demokrat di periode kedua pemerintahannya.

Menurut dia, Jokowi memiliki hak prerogratif memilih pembantunya dalam kabinet dalam pemerintahan kedua nanti, tentunya dengan pertimbangan yang matang.

"Anggota kabinet menjadi hak prerogatif Presiden. Kalau Jokowi merasa perlu dari partai koalisi, non-partai politik atau ada tokoh dari PAN dan Partai Demokrat, itu domainnya Presiden," kata Plate di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Kata dia, bagi Nasdem yang terpenting adalah kabinet berjalan efektif dan partainya mendukung parlemen bersikap konstruktif sehingga mendukung sistem presidensial yang efektif.

"Seperti di Pemilu Presiden 2014, yang kerja adalah PDIP dan Partai Nasdem, lalu kalau anggota Kabinet menjadi luas atau ada tambahan, itu tidak masalah," ujarnya.

Namun dia mengatakan belum ada kesepakatan politik dengan PAN dan Demokrat terkait posisi menteri di kabinet karena semua masih sibuk dengan kegiatan lebaran dan komunikasi yang terjalin dalam rangka silaturahmi politik.

Terutama menurut Plate, Partai Demokrat masih dalam suasana kedukaan atas meninggalnya Ani Yudhoyono. "Kami melihat bahwa kerja sama politik itu dibutuhkan, jadi kami memperluas kerja sama politik. Tapi jangan langsung ditafsirkan itu bagi-bagi kursi karena sempit sekali, apalagi itu domainnya Presiden," tandas Plate, Sekjen NasDem. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration