Gaya Hidup

Konten Ini Paling Sering Dikunjungi Anak-Anak saat Online

Selasa, 11 Juni 2019 - 06:20 | 61.11k
ILUSTRASI - Anak tengah asyik bermain gawai. (FOTO: Smartmama)
ILUSTRASI - Anak tengah asyik bermain gawai. (FOTO: Smartmama)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah penelitian mengungkapkan tentang aktivitas online anak-anak di seluruh dunia. Menurut laporan statistik dari modul Parental Control Kaspersky Lab, anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di YouTube.

Ahli Analisis Konten Web di Kaspersky Lab, Anna Larkina, mengatakan statistik tersebut menunjukkan minat anak-anak dan remaja di seluruh dunia saat ini.

Laporan ini menunjukkan statistik anonim yang tidak mengungkap nama, mengenai situs web yang dikunjungi menggunakan PC Windows dan Mac, dan aktivitas pencarian pada perangkat PC Windows, Mac, Android dan iOS dari Juni hingga pertengahan Agustus 2018.

Anak-anak cenderung menonton konten video dan mendengarkan musik, daripada menghabiskan waktu di media sosial saat liburannya.

Mereka juga suka menghabiskan waktu menonton sejumlah serial TV di Netflix, sementara anak lebih kecil memilih Nickelodeon, Cartoon Network, dan saluran Disney serta kartun SpongeBob SquarePants.

Mereka juga menghabiskan waktu untuk mengikuti perkembangan dan skor terkini dari Piala Dunia FIFA 2018.

Selain itu, game online juga semakin digemari dengan Fortnite menjadi yang paling banyak diminati melampaui PUBG sebagai game online paling populer

Selain musik dan game online, anak-anak juga menunjukkan minat pada tren berpakaian serta perangkat mobile.

Untuk referensi toko online, anak-anak lebih suka mengunjungi Ebay, Amazon, Aliexpress, ASOS, dan H & M. Merek yang paling populer adalah Nike, Adidas, Supreme, Gucci, dan Vans.

Dari seluruh perangkat mobile yang ada, anak-anak menunjukkan minat paling besar pada iPhone dan Samsung Galaxy.

Perlu dicatat bahwa di samping permainan dan video musik, anak-anak juga sering mencari situs web yang mengandung konten dewasa.

Di Indonesia sendiri, data statistik menunjukkan bahwa konten yang banyak dicari oleh anak-anak di peringkat pertama adalah mengenai perangkat lunak, audio dan video dalam porsi hampir setengahnya.

Termasuk dalam kategori ini seperti layanan streaming musik dan video yang cukup digemari anak-anak di Indonesia saat ini.

Di posisi selanjutnya adalah media komunikasi Internet seperti media sosial, messenger, forum dan ruang obrolan (chat rooms) dengan presentase 33 persen.

Selain berkomunikasi menggunakan jejaring sosial, anak-anak juga menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Sedangkan media berita dan game komputer menempati posisi berikutnya dalam aktivitas online anak-anak. Menurut laporan statistik dari modul Parental Control Kaspersky Lab, keduanya memiliki porsi lebih kecil masing-masing 6 persen dan 5 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES