Ekonomi

Dongkrak Kunjungan Wisata ke NTB, Maskapai Air Asia Buka Rute Lombok-Australia

Senin, 10 Juni 2019 - 10:23 | 44.30k
Suasana peresmian maskapai Air Asia rute penerbangan Lombok-Australia di Bandara di Bandara Internasional Lombok (BIL),  Lombok Tengah, Minggu (9/6/2819) malam.(FOTO:  Humas Pemprov NTB)
Suasana peresmian maskapai Air Asia rute penerbangan Lombok-Australia di Bandara di Bandara Internasional Lombok (BIL), Lombok Tengah, Minggu (9/6/2819) malam.(FOTO: Humas Pemprov NTB)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAHMaskapai Air Asia resmi mengoperasikan rute penerbangan yang menghubungkan Lombok-Australia. Dengan dibukanya rute baru ini juga memperlihatkan kuatnya komitmen  Pemprov NTB untuk mendongkrak arus kunjungan wisatawan ke NTB.

Peresmian rute baru tersebut ditandai dengan pendaratan perdana pesawat AirAsia jurusan Perth - Lombok di Bandara Internasional Lombok (BIL),  Lombok Tengah, pada Minggu (9/6/2819) malam. 

Ratusan penumpang AirAsia yang ikut serta dalam penerbangan perdana ini tampak antusias mendapat sambutan hangat di pintu kedatangan BIL. Terlebih, mereka langsung mendapatkan suguhan atraksi Gendang Beleq yang memang telah disiapkan untuk menerima para peserta penerbangan perdana tersebut. Juga, serangkaian suvenir dan penganan lokal.

Rod David, salah seorang penumpang pesawat AirAsia jurusan Perth-Lombok, mengaku gembira dengan dibukanya rute baru ini.

"Penerbangannya sangat nyaman, dan saya sangat senang bisa mendapatkan akses yang bagus ke Lombok," ujarnya.

Rod mengaku baru pertama kali ke Lombok. Ia akan menghabiskan waktu sepekan berlibur di Lombok dan setelah itu akan kembali ke Perth.

Sementara, Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah mengaku mendapatkan sambutan yang menggembirakan dari publik di Australia. Karenanya, ia sangat optimis akan pertumbuhan arus kunjungan ke NTB dari Australia. "Saya ketika kita perkenalkan NTB di sana responnya luar biasa," katanya.

Menurut Wagub, sambutan ini cukup wajar mengingat NTB memiliki banyak destinasi yang mampu memikat wisatawan. 

Wisatawan mancanegara, menurutnya bisa menikmati beragam destinasi. Mulai dari wisata pantai, air terjun yang indah, gunung Rinjani, Tambora dan destinasi lainnya.

"Belum lagi kerajinannya yang luar biasa. Belum lagi potensi sport tourism juga, kemudian juga ke depan ada MotoGP, yang potensialnya juga di-improve jadi F1 benar-benar menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka," paparnya. 

Optimisme mengenai akan ramainya rute penerbangan ini juga ditunjang dengan tarif penerbangan yang dinilai cukup terjangkau. Wagub berharap, problem tingginya harga tiket pesawat yang terjadi saat ini bisa segera tuntas seiring adanya serangkaian kebijakan yang diambil pemerintah. 

"Mudah-mudahan harga tiket ini tidak menjadi isu lagi. Karena, kan sedang dibenahi juga oleh pemerintah," tandasnya.

Sebagai informasi, pembukaan rute penerbangan Maskapai Air Asia yang menghubungkan Lombok-Australia ini didahului dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Dirut PT Indonesia Air Asia, Dendy Kurniawan dengan Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, di kantor Air Asia di Tangerang, Kamis 14 Maret 2019 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES