Kamis, 19 September 2019
Gaya Hidup

Tanaman di Dalam Rumah Jaga Kesehatan Kulit

Tanaman di Dalam Rumah Jaga Kesehatan Kulit Tanaman dalam rumah dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit (FOTO: rumahdewi)
Minggu, 09 Juni 2019 - 10:21

TIMESINDONESIA, JAKARTATanaman dalam rumah ternyata baik untuk kesehatan kulit. Hal itu diungkap berdasarkan penelitian dari Royal Horticultural Society, yang bekerjasama dengan University of Reading di Inggris, dan peneliti Curtis Gubb PhD.

Dalam penelitian itu disebutkan tanaman di dalam rumah membantu meningkatkan kelembaban di udara sehingga melawan kulit Anda yang kering melalui evapotranspirasi.

Lebih lanjut Tijana Blanusa, peneliti horticultural di RHS menjelaskan tanaman rumah yang membutuhkan air lebih banyak bisa menyediakan keuntungan kelembapan. “Di dalam penelitian kita dari 7 jenis, tanaman paling baik adalah peace lily (Spathiphyllum) dan ivy (Hedera), tetapi sepertinya banyak spesies lain yang karakteristiknya bagus untuk hal tersebut dan perlu diuji coba,” katanya.

Ia memaparkan tanaman bisa kehilangan hingga beberapa ratus milliliter air per meter persegi dari area daun tergantung dari tipe, ukuran, dan kondisinya di dalam ruangan. Dr. Blanusa juga mengatakan bahwa lebih banyak tanaman lebih baik keuntungannya. Penelitian menemukan bahwa campuran bentuk, ukuran, dan warna memengaruhi parameter positif seperti produktivitas dan kesehatan, dan bahkan beberapa parameter fisik seperti denyut nadi.

Tanaman juga menangkap debu dan partikel dari udara di dalam ruangan. “Beberapa komponen kimia dari cat tembok dan perabotan rumah, dan juga gas yang dihasilkan dari memasak dan pembakaran bisa dihilangkan oleh tanaman rumah,” imbuh Dr. Blanusa.

Jadi, tak ada salahnya meletakkan tanaman di dalam rumah ya. Selain dapat mempercantik ruangan, tanaman dalam rumah juga baik untuk kesehatan kulit.(*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration