Gaya Hidup

Rutin Gunakan Toner, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit?

Rutin Gunakan Toner, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit? Manfaat penggunaan toner untuk kesehatan kulit. (Cetaphil Indonesia)
Sabtu, 08 Juni 2019 - 04:42

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu manfaat toner adalah membantu mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran yang mungkin tidak seluruhnya terangkat setelah mencuci muka. Menggunakan toner termasuk cara menjaga kesehatan kulit yang mudah dilakukan. 

Toner memiliki berbagai fungsi yang penting untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Berikut berbagai manfaat toner untuk kulit Anda.

1. Menyeimbangkan pH kulit

Polusi, produksi minyak, make up, dan sabun pembersih tertentu bisa mengubah pH alami kulit wajah. Angka pH wajah yang tidak seimbang bisa membuat kulit rentan mengalami kekeringan yang akan diikuti oleh produksi minyak berlebih. Bahkan, pH kulit yang tidak seimbang rentan memicu kerusakan dan infeksi kulit.

Toner menjadi salah satu produk yang memiliki fungsi menyeimbangkan kembali pH kulit mendekati normal. Dilansir dari  Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG), pH kulit normal berada di angka 5,5.

Manfaat ini nantinya bisa dirasakan jika Anda rutin menggunakan toner setelah mencuci muka sebelum menggunakan produk perawatan lainnya.

2. Detoksifikasi

Tak banyak yang tahu bahwa toner membantu menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut dan residu kimiawi lainnya di kulit.

Dengan rutin memakai toner, kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan sehat. Selain itu, bekas jerawat dan kerutan pun perlahan akan memudar meski butuh waktu yang tak sebentar.

3. Menghidrasi kulit

Toner membantu menghidrasi kulit wajah agar tetap elastis, halus, dan lembap. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini di wajah.

Ketika kulit terhidrasi dengan baik, produk-produk lainnya yang akan digunakan seperti serum atau pelembap akan lebih mudah diserap secara maksimal oleh kulit. Dengan begitu, fungsi dari produk perawatan kulit lainnya bisa didapatkan dengan maksimal jika sebelumnya menggunakan toner.

4. Menutrisi kulit

Berbagai produk toner kini tak hanya bertujuan untuk membersihkan dan melembapkan kulit saja. Namun, ada banyak sekali produk yang dilengkapi dengan vitamin serta nutrisi tertentu untuk kulit. Menggunakan produk sesuai kebutuhan wajah membantu menjaga kesehatan kulit dab kulit tetap ternutrisi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration