Indonesia Positif

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar Bersih Lingkungan di Desa Kerta Payangan

Rabu, 05 Juni 2019 - 21:16 | 175.71k
Pramuka Peduli rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pramuka Peduli rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GIANYAR – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2019 kemarin, Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar mengikuti aksi jalan santai dan bersih sampah plastik di areal Bumi Perkemahan Pucak Sari, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Launching Desa Wisata Bali Ditha Kerta Payangan.

Sebanyak 45 anggota relawan Pramuka Peduli terlibat dalam giat bersih lingkungan ini. Kegiatan diikuti pula berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, komunitas lingkungan trash hero, resik bumi, dan seka truna. Kegiatan itu dimulai pada pukul 08.00 pagi.
Pembukaan-Pramuka-Bersih-Lingkungan.jpg

Aksi bersih sampah plastik ini dibuka oleh PLT Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A. A. Dalam Jagaditha didampingi oleh Kepala Desa Kerta Payangan, PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gianyar yang juga Wakil Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, dan Kepala BPBD Kabupaten Gianyar A. A. Oka Digjaya yang juga Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar.

A. A. Oka Digjaya saat memberikan arahan seusai kegiatan mengungkapkan bahwa aksi bersih sampah plastik ini adalah salah satu kegiatan yang terus dan berkesimbungan dilaksanakan oleh Pramuka Peduli. Aktivitas yang melibatkan satgas Pramuka Peduli ini dilaksanakan pula untuk menumbuhkembangkan semangat kepduliaan lingkungan.

Tim-Pramuka.jpg

"Pramuka Peduli hadir ditengah masyarakat secara berkesimbungan dalam mengkampanyekan aksi kepeduliaan lingkungan, kegiatan seperti ini juga memberikan pendidikan kepada adik-adik relawan siaga bencana dalam menumbuhkembangkan semangat tulus pengabdian, mengenal potensi alam dan yang paling penting mengajarkan kita semua bahwa jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita," ungkap beliau saat memberikan pengarahan dihadapan adik-adik peserta kegiatan. 

Anak Agung Digjaya menuturkan, Pramuka Peduli selama ini identik dengan kegiatan penanganan bencana. Padahal kegiatan Pramuka Peduli Bali mencakup juga berbagai bidang aktivitas yaitu bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang penanggulangan bencana, bidang pelestarian lingkungan hidup, dan bidang kewirausahaan.

Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar yang beranggotakan 100 satgas pada bulan Juli nanti akan melaksanakan latihan pemantapan yang fokus pada manajemen posko. Kegiatan tersebut direncanakan akan diikuti oleh 70 satgas yang telah mendapatkan Latihan Dasar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES