Peristiwa Internasional

NASA Buka Pendaftaran Untuk Misi Penjelajahan ke Mars

Kamis, 06 Juni 2019 - 11:21 | 156.99k
Permukaan planet Mars. (FOTO: NASA)
Permukaan planet Mars. (FOTO: NASA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA membuka pendaftaran masyarakat di seluruh dunia untuk misi penjelajaan planet Mars pada tahun 2020 mendatang.

Misi itu dijadwalkan pada bulan Juni hingga September 2020 dan mendarat di Mars pada Februari 2021.

"Ketika kita bersiap¿ untuk meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini," kata Direktorat Misi Sains NASA Thomas Zurbuchen dikutip dari laman resmi NASA.

"Ini waktu yang menyenangkan bagi NASA, ketika kita memulai perjalanan ini untuk menjawab pertanyaan mendalam tentang planet tetangga kita dan bahkan asal usul kehidupan itu sendiri," tambahnya.

Nama-nama yang masuk dalam pendaftaran itu akan disimpan dalam berkas elektron untuk mensketsa nama-nama yang dikirimkan ke dalam microchip.

Anggota tim misi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California mengatakan microchip tersebut memiliki ukuran kurang dari 0,1 persen selembar rambut manusia dan bisa menyimpan satu juta nama.

Diperkirakan NASA membutuhkan lebih dari satu microchip untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dari warga dunia untuk melakukan perjalanan ke Mars.

Misi Mars 2020 rencananya akan mendarat di area Kawah Jezero yang memiliki diameter 45 kilometer sehingga bisa menampung delta sungai di masa lalu. Rover NASA selanjutnya akan memburu tanda-tanda kehidupan yang sudah lama mati, mencari es atau air yang tersimpan di dalam perut Mars dan melakukan berbagai tugas lainnya.

Mars 2020 akan menguji perangkat yang dirancang untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer tipis yang didominasi karbon dioksida yang ada di Mars. Teknologi itu ketika ditingkatkan bisa membantu manusia membangun pos terdepan Mars.

Selain itu NASA juga akan mengumpulkan dan menyimpan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan. Kendati demikian, pihak NASA belum mengembangkan misi yang akan membawa pulang materi hasil eksplorasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan diri turut serta dalam misi ini bisa melihat tautan Disini

Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA juga telah membuka pendaftaran bagi masyarakat di seluruh dunia untuk misi penjelajahan planet Mars pada tahun 2020 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES