Gaya Hidup

Yuk, Jaga Kesehatan Paru-paru dengan Lima Tips Berikut

Senin, 03 Juni 2019 - 16:13 | 174.86k
ILUSTRASI - Menjagaaga Kesehatan Paru-paru dengan Menghirup Udara Segar. (FOTO: annisawally0208.blogspot.com)
ILUSTRASI - Menjagaaga Kesehatan Paru-paru dengan Menghirup Udara Segar. (FOTO: annisawally0208.blogspot.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital untuk kehidupan manusia. Dengan fungsinya mengelola oksigen dalam tubuh, maka menjaga kesehatan paru-paru adalah hal penting yang harus dilakukan tiap orang.

Meskipun tidak merokok, bukan berarti paru-paru kita sehat. Banyak hal yang bisa menyebabkan gejala penyakit paru-paru.

Lantas apa yang harus dilakukan agar paru-paru sehat? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Olahraga Secara Teratur
Ketika berolahraga, paru-paru akan bekerja lebih keras. Hal tersebut menjadi latihan yang baik untuk paru-paru sebab bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menampung oksigen.

2.Hindari Lingkungan dengan Udara Kotor
Hindarilah berada di lingkungan dengan kualitas udara yang tidak baik seperti berasap, berdebu, serta mengandung gas berbahaya. Jika memang diharuskan berada di lingkungan dengan kualitas udara seperti tersebut, misalnya bekerja, maka gunakan masker.

3. Jangan Merokok
Tidak merokok merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru. Di dalam rokok, terkandung bahan berbahaya untuk kesehatan. Bagi Anda yang tidak merokok, hindarilah seseorang yang sedang merokok. Jangan sampai asap rokok tersebut terhirup oleh Anda. Solusinya, gunakanlah masker.

4. Cukupi Kebutuhan Gizi
Cukupilah kebutuhan gizi dengan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi juga vitamin dan antioksidan, sebab sangat berguna dalam detoksifikasi tubuh serta menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker, termasuk kanker paru-paru.

5. Ciptakan Udara Ruangan yang Berkualitas
Udara dengan kualitas baik tidak terpaku terhadap ada atau tidaknya polutan. Udara yang terlalu pengap atau lembab pun tidak baik untuk kesehatan. Solusinya gunakanlah air purifier. Alat tersebut bisa menjadikan udara di dalam ruangan lebih segar dan sehat.

6. Gunakan Produk yang Aman bagi Paru-Paru
Untuk menjaga kesehatan paru-paru, hindari menggunakan produk kebutuhan rumah tangga yang berbau tajam misalnya produk pembersih. Pada produk tersebut terdapat gas berbahaya yang bisa merusak paru-paru apabila terhirup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES