Peristiwa Daerah

Jumlah Penumpang di Pelabuhan Padangbai Bali Melonjak Sampai 50 Persen

Kamis, 30 Mei 2019 - 13:22 | 67.39k
Ilustrasi pemudik. (dok/TI)
Ilustrasi pemudik. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Mendekati lebaran Idul Fitri tahun 2019, peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, sudah mulai terlihat sejak H-7. Lonjakan penumpang mencapai 50 persen dari hari normal.

"Kalau untuk harus mudik H-7 sudah ada peningkatan di sepeda motor. Sampai 50 persen naiklah dari hari normal. Kalau hari normal itu sekitar 240 sampai 300 (sepeda motor) sekarang sudah mencapai 500 sampai 600," kata Windra Soelistiawan, Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, saat dikonfirmasi, Kamis (30/5/2019).

Sementara,  untuk kendaraan roda empat masih belum ada peningkatan yang signifikan. Karena, jika dibanding hari-hari biasa ada 30 sampai dengan 40 roda empat, saat ini  baru meningkat menjadi 60 sampai 70 kendaraan roda empat. Mengatasi lonjakan arus mudik. pihak pelabuhan menyediakan 39 unit kapal penyeberangan, dan menambah loket pembayaran dari 5 menjadi 7. 

Windra juga memprediksi, kenaikan atau puncak arus mudik di Padangbai terjadi pada tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2019. 

"Kalau penambahan loket kami sudah menyiapkan di loket kendaraan dan di loket penumpang. Tapi sampai hari ini masih teratasi dengan loket yang normal, yang aktif ada 5 loket. (Nanti) di tambah 2 loket kendaraan dan penumpang kita tambah," ujarnya.

Selain itu, untuk menjamin kelancaran, pola operasinya atau bongkar muat di Pelabuhan Padang Bai Bali akan dipercepat. Kalau dalam kondisi normal pola jadwal reguler membutuhkan waktu 90 menit. Namun, kalau sudah padat akan dipercepat menjadi 60 menit. "Skenario pola operasinya di percepat. Jadi kalau dalam kondisi normal pola jadwal reguler itu 90 menit. Kalau padat 60 menit kalau padat sekali itu 40 menit," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES