Peristiwa Internasional

Menlu RI: 40 Negara Beri Ucapan Selamat kepada Jokowi

Senin, 27 Mei 2019 - 21:01 | 48.44k
Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno Marsudi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno Marsudi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi mencatat hingga Senin siang (27/5/2019) sebanyak 40 kepala pemerintahan/negara dan tiga organisasi internasional menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada saat pengumuman dilakukan KPU, sejumlah lagi kepala negara menyampaikan selamat kepada Presiden, sejauh ini sudah per hari ini, per detik ini sudah ada 40 negara plus tiga organisasi internasional yang sudah menyampaikan ucapan selamat," kata Retno usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Adanya perkembangan teknologi, kata Retno, pengiriman ucapan selamat itu dapat dilakukan lebih cepat.

"Karena teknologi baru mereka bisa mengucapkan selamat melalui berbagai saluran, ada yang berupa twitter, menelepon langsung ke Presiden, tapi juga masih cukup banyak negara negara yang memakai cara yang tradisional," ucapnya.

Mantan Dubes RI untuk Belanda itu mengakui cara tradisional akan memakan waktu yang cukup lama. "Kalau twitter kan cepat naik, demikian juga kalau telepon," ucapnya.

Menlu RI menyebutkan kepala pemerintahan terakhir yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri Kanada.

Retno juga menyampaikan ke Jokowi bahwa Presiden Timor Leste ingin melakukan pembicaraan untuk menyampaikan ucapan selamat.

Ia menyebutkan Presiden AS Donald Trump sudah bersurat kepada Jokowi, sementara PM Inggris menelepon langsung Jokowi.

Menlu RI menegaskan variasi menyampaikan selamat itu sekarang dengan perkembangan teknologi saat ini, semakin bervariasi.

Retno memperkirakan setiap hari akan bertambah karena surat-surat melalui saluran diplomatik.

Ia menyampaikan pula bahwa para kepala negara itu mengapresiasi pelaksanaan pemilu di Indonesia.

Mengenai adanya kericuhan pada 22 Mei 2019, Retno mengatakan mereka menyebutnya sebagai riot. "Tentunya tak ada satu orang yang gembira apabila jatuh korban, itu sudah pasti. Tetapi dunia internasional melihat situasi dan porsinya pas," kata Menlu RI Retno Marsudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES