Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Nasional

Kwartir Ranting Ubud Membuka Rangkaian Pesta Pramuka Siaga Kwartir Cabang Gianyar

Kwartir Ranting Ubud Membuka Rangkaian Pesta Pramuka Siaga Kwartir Cabang Gianyar Pesta Siaga Kwartir Ranting Ubud mengawali gelaran Pesta Siaga Kwarcab Gianyar. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Senin, 27 Mei 2019 - 08:46

TIMESINDONESIA, BALI – Kwartir Ranting Ubud menjadi pembuka rangkaian Pesta Siaga yang digelar oleh Kwartir Ranting Ubud, Minggu (26/Mei/2019). Berlokasi di Lapangan Singakerta kegiatan ini diikuti oleh 260 siswa, 46 Gugus Depan dari 7 Gugus di Kecamatan Ubud.

Kegiatan ini di buka secara simbolis dengan pemukulan kentongan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gianyar I Gusti Ngurah Wijana.

Kwartir-Ranting-Ubud-2.jpg

Acara yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Cabang Gianyar ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kepala Pusdiklat Cabang Gianyar I Made Wibawa mengungkapkan bahwa gelaran Pesta Siaga tahun ini tidak dilaksanakan terpusat di tingkat cabang, namun dilaksanakan di tingkat Kwartir Ranting. 

"Pesta Siaga yang digelar secara bergiliran di 7 Kwartir Ranting diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada Kwartir Ranting dan Gugus Depan untuk menunjukan potensi yg mereka miliki dan memberikan kesempatan yg lebih luas dan pengalaman kepada pramuka siaga mengikuti kegiatan pramuka yg beragam aktivitas dan jenisnya," ungkap Made Wibawa menjelaskan.

Gelaran Pesta Siaga ini selain memberikan kesempatan tiap Kwartir Ranting bersama gugus-gugus depannya menunjukkan potensinya juga mampu menjadi wadah pembelajaran bagi para pembina dan arena pertukaran ilmu dan pengalaman dibidang kepramukaan.

"Dengan menggelar pesta siaga terpusat di Kwartir Ranting, ini memberikan kesempatan lebih banyak adik-adik Pramuka Siaga merasakan kegiatan pertemuan ini, kedepan kita akan evaluasi apa yg mesti diperbaiki sehingga gelaran pesta siaga ini makan baik pelaksanaannya," tambahnya.

Ditemui usai membuka acara, I Gusti Ngurah Wijana selaku Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Gianyar menuturkan Pesta Siaga ini adalah bentuk pendidikan yang dilaksanakan pramuka untuk membentuk tata nilai generasi muda sejak dini, baik di bidang budi pekerti, kepribadian, bela negara dan cinta NKRI.

Kwartir-Ranting-Ubud-3.jpg

"Pramuka sedari dini sudah mempersiapkan generasi Indonesia untuk menjadi pribadi yg berkarakter dengan berbagai aktivitas yg positif, dan momen-momen kegiatan ini menjadi wadah yg baik untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan tersebut," ungkapnya lugas.

Made Netra selaku Ketua Panitia Pesta Siaga Kwaran Ubud mengungkapan bahwa Kwartir Ranting Ubud mengelar pesta siaga dengan bentuk Permainan Bersama, Karnaval dan Pesta Kesenian. 

"Setelah mengikuti Upacara Pembukaan, adik-adik Pramuka Siaga diajak untuk berkompetisi dalam berbagai permainan, kemudian akan dilanjutkan dengan karnaval dan pesta seni," jelasnya.

Tampak ratusan Pramuka Siaga sangat antusias mengikuti Pesta Siaga ini, saat karnaval Pawai Budaya berlangsung, adik-adik Pramuka Siaga menggunakan pakaian adat, mengenakan barong, rangda seperti tradisinu ngunya saat Hari Galungan dan Kuningan dan berjalan mengelilingi Banjar Jukut Paku ditemani gamelan.

"Ini pertama kali dilaksanakan di tingkat Kwartir Ranting, semoga tahun depan bisa berlanjut. Ini kegiatan positif yang bisa memberikan wawasan bela negara dan kecintaan terhadap budaya dan seni bangsa sendiri," harapnya.

Pesta Siaga adalah pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan atau gabungan dari berbagai bentuk kegiatan.

Pesta Siaga Kwarcab Gianyar akan digelar 7 hari berturut-turut, setelah Kwartir Ranting Ubud akan dilanjutkan Senin (27/Mei/2019) oleh Kwartir Ranting Payangan. (*)

Jurnalis : Citizen Reporter
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration