Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

SMP Khadijah 2 Surabaya Gelar Tahfidz Camp, Sarana Menghafal Al Quran

SMP Khadijah 2 Surabaya Gelar Tahfidz Camp, Sarana Menghafal Al Quran Peserta tahfidz camp SMP Khadijah 2 Surabaya di Pondok Pesantren Dirosatul Qur'an, Krian, Sidoarjo. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Minggu, 26 Mei 2019 - 12:54

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bulan Ramadhan menjadi moment yang sangat pas untuk mengadakan kegiatan-kegiatan seputar keagamaan. Di lembaga sekolah kegiatan seperti ini dinamakan sebagai kegiatan pondok ramadhan dan ini dilakukan setahun sekali tepat di bulan ramadhan seperti saat ini. Seperti halnya yang dilakukan oleh SMP Khadijah 2 Surabaya.

Menjadi sekolah yang berlatar belakang sekolah islam menjadikan sekolah ini tak pernah absen sekalipun untuk mengadakan kegiatan pondok ramadhan. Maka tak heran jika tema-tema kegiatan yang diusung setiap tahunnya juga bervariasi.

SMP-Khadijah-2-b.jpg

Tahun lalu kegiatan pondok ramadhan dilaksanakan dilingkungan SMP Khadijah 2 Surabaya  sendiri, dengan kegiatan menghafal asmaul husna dengan menggunakan metode Hanifida. Dan  tahun ini kegiatan pondok ramadhan dilaksanakan di luar sekolah, tepatnya yakni di Pondok pesantren Dirosatul Quran Ahlun Najiah Krian-Sidoarjo yang diasuh oleh Kiai Mas Ahmad Muhammad, M.Pd.I. Adapun konsep kegiatan yang dipilih pada tahun ini adalah kegiatan Tahfidzul Quran yang diberi nama Tahfidz Camp.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini mempunyai agenda yang super padat dan penuh manfaat. Tak lepas dari tema kegiatan yaitu Tahfidzul Quran, maka siswa SMP Khadijah 2 Surabaya digembleng untuk menghafal ayat-ayat alquran yang telah ditentukan oleh panitia kegiatan pondok ramadhan SMP Khadijah 2 Surabaya yakni hafalan juz 30, surat-surat pilihan dan juz 1.

Adapun konsep dari kegiatan ini dilakukan dengan membagi peserta Tahfidz Camp menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan mereka. Setiap kelompok akan didampingi oleh ustadz maupun ustadzah yang telah dipilihkan oleh panitia. Dalam kegiatan ini pendamping Tahfidz Camp adalah para Hafidz dan Hafidzah dari pondok pesantrean Ahlun Najiah dan juga guru Al Quran SMP Khadijah 2. Dengan seperti ini, diharapkan siswa dapat fokus untuk setor hafalan kepada masing-masing pendamping kelompok.

Meski dalam keadaan puasa, peserta tahfidz Camp ini terlihat semangat dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini bisa dilihat dari antusias mereka ketika Muroja’ah bersama teman kelompoknya sebelum mereka harus menyetorkan hafalam mereka kepada para ustadz atau ustadzahnya.

Di pondok peantren Dirosatul Quran Ahlun Najiah Krian-Sidoarjo ini berbagai kegiatan ala pesantren ditujukan untuk pembentukan karakter dan ruhiyah seperti Qiyamul lail, salat fardhu berjamaah, kegiatan inti yakni Istima’ (kegiatan menghafal quran) dan Munaqosyah.

Selain itu Tahfidz Camp ini juga berisi pemberian Motivasi yang disampaikan langsung oleh pimpinan SMP Khadijah 2 Hj.Umi Muntafi’ah. Ia berharap agar peserta kegiatan tahfidz Camp ini dilaksanakan dengan pebuh semangat dan rasa percaya diri.

Yurcel Rizqiqah Apta Dhanu, salah satu peserta mengaku senang dengan kegiatan ini. “Saya senang selama belajar di sini, karena saya mendapatkan pengalaman-pengalaman baru, ilmu-ilmu yang bermanfaat dan kualitas menghafal Alquran saya menjadi lebih baik lagi,” ucap sisiwa SMP Khadijah 2 Surabaya itu. Ia berharap tahun depan bisa kembali mengikuti kegiatan ini. "Saya ingin menambah hafalan Al Quran saya," tambahnya. (*)

Jurnalis : Citizen Reporter
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration