Politik

Presiden Jokowi: Jangan Merendahkan Mahkamah Konstitusi

Senin, 27 Mei 2019 - 16:03 | 34.21k
Presiden RI Joko Widodo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Presiden RI Joko Widodo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pihak tidak merendahkan institusi negara seperti Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jangan seneng merendahkan sebuah institusi. Saya kira ngga baik. Apapun lembaga yang ada ini dibentuk oleh ketatanegaraan kita agar memiliki sebuah trust dari publik,” kata Jokowi kepada wartawan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (26/5/2019) malam.

Penyataan Jokowi itu disampaikan menanggapi pertanyaan mengenai munculnya pernyataan agar Mahkamah Konstitusi (MK) tidak menjadi sebagai lembaga kalkulator.

Jokowi mengingatkan, MK adalah lembaga negara yang dibentuk oleh Konstitusi dan Undang-Undang. Selain itu MK juga merupakan penjaga konstitusi yang menjadi landasan utama tegaknya negara. Karena itu, jangan sampai direndahkan atau dilecehkan.

“Lembaga ini dibentuk oleh ketatanegaraan kita agar memiliki sebuah trust dari publik. Jangan sampai dilecehkan seperti itu,” tutur Kepala Negara.

Jokowi berharap agar para tokoh dan elite politik memberikan teladan yang baik dalam penegakan konstitusi dan penghormatan terhadap sistem tata negara Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES