Politik

PDI Perjuangan Minta Masyarakat Kedepankan Rekonsiliasi Pasca Pemilu

Senin, 27 Mei 2019 - 06:06 | 37.63k
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto meminta masyarakat mengedepankan semangat rekonsiliasi pasca pemilu. Dirinya pun mencontohkan bagaimana Islam dan Pancasila bisa dijadikan dasar negara oleh tokoh proklamasi Soekarno.

"Bagaimana Pancasila dan Islam ternyata bisa sempurna dalam sebuah tugas kita bersama di dalam mewujudkan tatanan dunia yang baru yang anti-kolonialisme dan imperialisme itu. Mari kita sebagai warga bangsa untuk kedepankan pesan pesan tersebut," ujar Hasto saat menggelar buka puasa bersama dengan seluruh kader, simpatisan dan juga anak yatim di Kantor PDI Perjuangan, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (26/5/2019).

Hasto mengatakan, pesan-pesan Soekarno itu sepatutnya dilakukan pada kondisi seperti ini. Di mana masih ada pertentangan hasil Pemilu 2019 yang seharusnya Jokowi kembali terpilih menjadi presiden periode 2019-2024.

"Di mana kita melihat masih ada pertentangan-pertentangan satu sama dengan yang lain. Padahal Pemilu sudah selesai, Pemilu ini adalah sebuah alat untuk mencari pemimpin. Sebuah alat yang dinamakan demokrasi di mana perbedaan satu suara pun di mata demokrasi itu seorang pemimpin sah untuk mengemban tugas sebagai pemimpin bangsa dan negara," ucapnya. 

"Apalagi perbedaan kita di atas 16 juta maka dengan demikian tugas Pak Jokowi bukanlah menjadi presiden PDIP, tugas Pak Jokowi adalah menjadi presiden dari seluruh bangsa. Presiden dari seluruh partai politik yang ada, presiden dari seluruh rakyat Indonesia tanpa membeda-bedakan lagi apa pilihannya pada 17 April lalu," imbuh Hasto.

Hasto berharap agar masyarakat kini lebih mementingkan persatuan. "Karena itu lah dengan pesan perdamaian kita berharap agar semangat rekonsiliasi benar benar kita ke depankan. Enggak perlu ada yang membenturkan antara polisi dengan umat Islam, enggak perlu ada yang membenturkan antara TNI dan Polri," kata Hasto, Sekjen PDI Perjuangan(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES