Pendidikan

Bersama LPKIPI, Unicef Gencar Gelorakan Pendidikan Inklusi ke Masyarakat

Bersama LPKIPI, Unicef Gencar Gelorakan Pendidikan Inklusi ke Masyarakat Pemateri saat memberikan materi dalam acara Sosialisasi Gelora Pendidikan Inklusi melalui Fotografi  dan Videografi, di Rumah Makan Iwak Pe (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Minggu, 26 Mei 2019 - 22:45

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOUnicef bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan dan Konsultasi Inovasi Pendidikan (LPKIPI) terus menggelorakan pendidikan inklusi ke masyarakat, khususnya di Bondowoso.

Hal ini menyusul komitmen pemerintah Bondowoso dalam merealisasikan pendidikan inklusi sejak akhir 2017 lalu.

Bahkan dengan melibatkan puluhan pelajar, LPKIPI mitra Unicef, menggelar Sosialisasi Gelora Pendidikan Inklusi melalui Fotografi  dan Videografi, di Rumah Makan Iwak Pe, Minggu (26/5/2019) malam.

Sosialisasi-Gelora-Pendidikan-2.jpg

Distrik Koordinator LPKIPI mitra Unicef, Solehati Novita Sari mengatakan, pemahaman tentang pendidikan inklusi selama ini hanya menjadi menu pembicaraan di kalangan para akademisi pendidikan saja.

“Sementara edukasi menyeluruh, kurang menyentuh hingga tataran masyarakat di tingkatan bawah,” katanya di sela-sela acara sosialisasi.

Menurutnya, selama ini pendidikan inklusi menjadi semacam obrolan di para pendidik saja. Padahal semua orang perlu untuk memahami hal tersebut. Oleh karena itu, lanjut Solihati, pihaknya terus menyosialisasikan apa itu pendidikan inklusi ke berbagai kalangan masyarakat.

“Terbaru, yakni sosialisasi dengan mengajak puluhan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Bondowoso,” jelasnya.

Dia berharap, agar mereka turut mengedukasi masyarakat tentang pendidikan inklusi melalui video dan photografi. "Karena kalau hanya sosialisasi saja kan sering kemudian hanya diingat saja,” sambungnya.

Tapi, lanjut dia, kalau buat video dan photo kemudian diunggah ke media sosial, itu akan membantu terus diingat dan dilihat oleh banyak orang.

Sementara itu, Relawan LPKIPI Mitra Unicef di Bondowoso, Solikhul Huda menjelaskan, pihaknya terus berupaya menyentuh ke tengah-tengah masyarakat untuk mengedukasi mereka tentang pendidikan inklusi.

“Dari kalangan dewasa hingga anak-anak muda milenial. Ujungnya, mereka yang turut dalam sosialisasi ini menjadi kepanjangan tangan dalam mengedukasi pendidikan inklusi,” jelasnya.

Hal itu, untuk mengajak anak muda tersebut, agar ikut ambil bagian mengedukasi masyarakat tentang pendidikan inklusi.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan LPKIPI mitra Unicef itu, anak muda yang tergabung dalam IPNU dan IPPNU tersebut diajar cara pembuatan video dan photografi oleh Arif Firmansyah, Guru SMK N 1 Bondowoso. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration