Peristiwa Daerah

Babinsa Sumberlesung Kodim 0824 Jember Genjot Serapan Gabah Petani Ledokombo

Minggu, 26 Mei 2019 - 12:26 | 38.63k
Pelaksanaan pendampingan pertanian oleh Babinsa (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Pelaksanaan pendampingan pertanian oleh Babinsa (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Serda Yudi Suparto, Babinsa Desa Sumberlesung bersama Petugas Pendamping Lapang (PPL) Budi S. melaksanakan pendampingan panen padi milik Nawawi di lahan seluas 1 hektare, Minggu (26/5/2019). Nawawivmerupakan anggota Kelompok Tani Among Mitro di Dusun Laok, Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, Jember.

Padi yang dipanen di sana merupakan varietas cibogo. Menurut hasil ubinan diperoleh sekitar 5 ton padi per hektare. Pada kesempatan tersebut, Serda Yudi Suparto bersama Budi S. mengimbau pemilik lahan agar menjual hasil panennya kepada Bulog Sub Divre XI Jember.

Babinsa-Kodim-Jember-a.jpg

"Tujuannya, untuk memperkuat stok pangan pemerintah serta melakukan percepatan tanam lanjutan dengan segera melakukan pengolahan lahan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan)," terang Yudi.

Komandan Koramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Harsono menerangkan Kecamatan Ledokombo termasuk daerah ketinggian sehingga tidak berlaku tanam serentak. "Sehingga setiap hari ada yang panen, ada yang tanam, dan ada yang perawatan tanaman. Namun walau mengandalkan air sumber namun pasokan air relatif ada sepanjang musim," jelasnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada Koramil jajaran melalui Babinsa yang melaksanakan pendampingan pertanian dengan baik. "Meskipun di Bulan Ramadhan tetapi pendampingan selalu eksis, hal tersebut tentunya dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan yang menjadi bagian dari tugas kita, dalam mewujudkan swasembada pangan nasional," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES