Ekonomi

BI Malang Siapkan Rp 4,7 Trilliun untuk Pelayanan Tukar Uang

Minggu, 26 Mei 2019 - 14:11 | 132.29k
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan Aminurridho. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan Aminurridho. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang menyiapkan Rp 4,7 Trilliun untuk penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri 2019.

Hal ini juga merupakan program BI Malang untuk menerapkan clean money policy, yang bertujuan mengganti uang kertas yang rusak.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan penukaran uang dilakukan serentak di 72 titik outlet Bank Umum dan 49 titik outlet BPR di wilayah kerja BI Malang, yakni Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota dan Kabupaten Pasuruan serta Kota dan Kabupaten Probolinggo.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ink kami lakukan di dalam gedung Balai Kartini. Ruangannya ber-AC agar lebih nyaman, agar tidak seperti kemarin di halaman parkir sehingga sempat ada yang pingsan," kata Azka, Minggu (26/5/2019).

Azka mengatakan penukaran uang ini akan berlangsung mulai 26 Mei hingga 2 Juni 2019, yang tersebar di titik-titik strategis dengan menggunakan 13 mobil kas keliling yakni 1 mobil milik Bank Indonesia dan 12 mobil lain milik bank umum.

"BI Malang telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,7 Trilliun untuk melayani penukaran uang pecahan kecil selama Ramadan dan Idul Fitri," tambahnya.

Azka menyebutkan jumlah tersebut, mengalami kenaikan dari jumlah kebutuhan uang selama periode Ramadan dan Idul Fitri sebesar 20 persen lebih tinggi dari periode sebelumnya yaitu Rp 3,9 Trilliun.

Kepala BI Malang menyampaikan dana tersebut dipersiapkan baik untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin ATM masing-masing perbankan, serta melalui pelayanan kas keliling kepada masyarakat.

Bank umum yang berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain BNI, BCA, BTN, CIMB Niaga, Permata Bank, Bank Muamalat, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BRI, dan BRI Syariah.

Setiap harinya disediakan penukaran untuk 1.200 orang, dengan jumah maksimal yang dapat ditukarkan adalah Rp 3,7 jt dengan rincian pecahan  yakni Rp 20.000 sebanyak 1 pax/100 lembar, Rp 10.000 sebanyak 1 pax/100 lembar, Rp 5.000 sebanyak 1 pax/100 lembar,dan  Rp 2.000 sebanyak 1 pax/100 lembar. Selain itu, setiap penukar diwajibkan membawa KTP asli, dan hanya dapat menukar 1 kali selama periode penukaran di Gedung kartini tersebut.

Selain bisa menukarkan uang di Gedung Balai Kartini, Kota Malang, Kantor BI Cabang Malang juga memberikan sosialisasi tentang deteksi uang asli dan perlakuan uang agar tidak rusak.

Pada kesempatan tersebut, BI Malang mengenalkan masyarakat tentang metode mendeteksi uang asli dengan diraba dan diterawang. Kemudian, ada juga sosialiasi perlakuan uang agar tidak rusak dengan metode 5J, yakni tidak melipat, menyestaples, menulisi, meremas dan membasahi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES