Peristiwa - Internasional

Umat Hindu Bali di Australia Gelar Tradisi Ritual Piodalan

Umat Hindu Bali di Australia Gelar Tradisi Ritual Piodalan Umat Hindu Bali di Australia menggelar upacara Piodalan pada Sabtu (25/5/2019). (Foto: Balinese Community for TIMES Indonesia)
Minggu, 26 Mei 2019 - 14:40

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Meski jauh dari tanah kelahirannya, Umat Hindu Bali di Australia tak lupa akan tradisi leluhur. Itulah yang mendasari digelarnya upacara Piodalan atau yang disebut juga sebagai Pujawali, Petoyan atau Petirtaan.

Dilakukan sesuai kalender Bali pada Sabtu (25/5/2019), upacara ritual Piodalan digelar di salah satu kediaman warga Bali di Godfrey St, Penhurst, Sydney. Ritual itu diawali Upacara Melasti pada pagi hari di Brighton Beach, Sydney New South Wales (NSW).

Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.Dilaksanakan di pinggir pantai, upacara ini bertujuan menyucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut.

TIMES-Indonesia-Piodalan-4.jpg

Seperti halnya di Bali, segala macam sesajen dan perlengkapan hadir di acara ini, termasuk Ida Ratu Gede Sakti Mas Mecaling dan Ida Betara Sidakarya Ireng. Begitu juga  Sembilan bendera yang melambangkan dewa penjuru angin, termasuk tumpeng pitu.

Piodalan sendiri merupakan rangkaian upacara Dewa Yadnya yang ditujukankepada Ida Sang Hyang Widi pada sebuah pura atau tempat suci. Piodalan berasal dari kata Wedal yang memiliki arti keluar dari lahir.

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Press Rilis

Komentar

Registration