Peristiwa - Daerah

Masih Pemula Namun Tertarik Menggunakan Drone? Ini Tipsnya

Masih Pemula Namun Tertarik Menggunakan Drone? Ini Tipsnya DJI Mavic 2 Zoom. (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)
Minggu, 26 Mei 2019 - 11:55

TIMESINDONESIA, JAKARTADrone sudah menjadi peralatan wajib bagi banyak content creator. Akan tetapi, pesawat tanpa awak ini tak bisa digunakan sembarangan layaknya sebuah mainan. Lalu bagaimana dengan para pemula?

Tentang drone, Product Specialist DJI, Benedictus Wijiadi membagikan sejumlah tips yang harus diketahui bagi para pemula sebelum menggunakan drone. Di mana tips pertama dan utama adalah punya pengetahuan tentang kamera terbang yang satu itu.

Benedictus-Wijiadi.jpg

"Youtube ini sudah yang paling cocok untuk cara belajar yang baik, karena ada visual, cara terbangnya gimana," kata pria yang kerap disapa BJ itu kepada TIMES Indonesia, di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2019).

BJ menyebut, DJI sendiri memiliki Youtube dengan channel DJI Tutorial. Di mana, semua informasi seputar drone bisa didapatkan dari sana.

"Di situ ada (tutorialnya). Tinggal pilih misalnya tentang spark, semuanya ada di sana dari mulai buka dus sampai cara terbang," jelasnya.

Namun, tak cuma mencari pengetahun secara otodidak, BJ juga menyarankan para pemula bergabung dengan beberapa komunitas drone. Sebab, melalui komunitas akan lebih banyak lagi ilmu dan tips-tips yang bisa didapat.

"Di facebook kita hampir semua punya komunitasnya. Sebelum beli memang dianjurkan ikut dulu aja, di situ diskusi banyak banget, orang bisa tau drone itu gimana," tukas BJ.

Lebih lanjut, BJ merangkum beberapa hal penting yang wajib diketahui sebelum memiliki drone. Diantaranya, tahu drone itu apa, fungsinya bagaimana, paham cara menerbangkan dan tahu di mana harus menerbangkan.

Terlebih kata dia, drone terdiri dari beragam ukuran, mulai yang ukuran kecil sampai besar.

"Kalau yang besar udah jelas butuh skill khusus dan memang tidak untuk diterbangkan in door. Drone itu bukan mainan tapi pesawat, kita ibaratnya kayak pilot, kita harus tau di mana boleh dan tidak boleh terbang," ungkap BJ membagikan tips menjadi pilot drone bagi para pemula. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration