Kesehatan

Minum Susu Bisa Mengatasi Infeksi Paru, Benarkah?

Minum Susu Bisa Mengatasi Infeksi Paru, Benarkah? ILUSTRASI - Minum Susu diperankan oleh salah satu anggota Red Model Agency. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Minggu, 26 Mei 2019 - 04:48

TIMESINDONESIA, JAKARTAInfeksi paru merupakan keadaan berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena terpapar debu jalanan, asap rokok, asap kendaraan atau asap pabrik. Minum susu dianggap mampu mengatasi infeksi paru. Benarkah demikian?

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, seperti dilansir dari Klik Dokter, susu dan infeksi paru memang saling berhubungan. Namun, hubungan susu dan paru-paru tidak bisa dikaitkan secara langsung. Jadi, tidak bisa jika infeksi paru langsung menghilang sehabis minum susu.

Lebih lanjut, dr. Astrid menjelaskan bahwa susu hanya bertugas untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Dengan gizi yang terpenuhi, sistem kekebalan akan meningkat sehingga kemungkinan tubuh untuk melawan kuman penyebab infeksi menjadi lebih tinggi.

Jadi, fungsi susu di sini hanyalah sebatas meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bukan menyembuhkan atau mencegah infeksi paru secara langsung. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa susu benar-benar efektif dan mampu untuk mengatasi atau mencegah infeksi paru.

Atas dasar itu, ungkapan yang menyebut bahwa minum susu dapat membersihkan paru-paru dari asap rokok, polusi udara, dan segala hal yang menjadi latar belakang infeksi paru lainnya adalah mitos. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : klikdokter.com

Komentar

Loading...
Registration