Gaya Hidup

Kepanasan saat Puasa Ramadhan? Ini 5 Tips Mudah Mengatasinya

Minggu, 26 Mei 2019 - 06:44 | 83.04k
ILUSTRASI - Kepanasan saat Puasa. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Kepanasan saat Puasa. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Merasa kepanasan saat puasa di siang hari? Cuaca terik memang semakin membuat badan lemas tidak karuan. Namun, jangan jadikan hawa gerah dan panas menghambat Anda untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar tetap merasa sejuk meski cuaca sedang terik-teriknya.

1. Buka jendela rumah

Membuka semua jendela di rumah merupakan cara paling efektif untuk menghalau hawa gerah, sehingga Anda tidak lagi merasa kepanasan saat puasa.

Meski jendela dibuka, pastikan tirai jendela Anda tertutup untuk menghindari paparan cahaya dan panas matahari yang terlalu intens. Terutama tirai jendela yang menghadap ke arah barat dan utara.

Anda bisa menggunakan tirai berbahan kain atau bambu untuk membantu meredam hawa panas. Pilihlah tirai yang tidak memiliki warna terlalu mencolok. Pemilihan warna yang salah bisa membuat ruangan Anda terasa semakin panas.

2. Pakai kipas angin

Berdiam di diri di kamar ber AC sambil menonton serial film favorit memang nikmat yang luar biasa ketika udara di luar sedang panas-panasnya. Namun, ketimbang pakai AC, sebaiknya Anda gunakan kipas angin langit-langit.

Selain lebih murah, kipas angin juga cendrung ramah lingkungan. Supaya Anda bisa merasakan semilir angin sepoy-sepoy dari kipas, coba putar baling-baling kipas angin berlawanan dengan arah jarum jam. Memastikan kipas angin berputar ke arah yang benar dapat membantu mengurangi rasa kegerahan dan kepanasan saat puasa.

4. Pakai baju tipis dan longgar

Supaya tubuh Anda tidak semakin kepanasan karena cuaca yang memang sedang terik-teriknya saat puasa, pastikan baju yang Anda gunakan berbahan katun. Selain lebih adem, katun juga menyerap keringat sehingga nyaman jika digunakan seharian.

Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan pakaian dengan ukuran yang pas di badan, tidak kekecilan maupun kelonggaran.

5. Lakukan aktivitas di tempat yang teduh

Jika Anda diharuskan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan, pilihlah tempat yang teduh. Di bawah pohon rindang, misalnya. Anda juga sebaiknya menggunakan payung, penutup kepala, dan kacamata ketika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan.

Selain mencegah kepanasan saat puasa Ramadhan, berbagai hal tersebut juga membantu Anda menghindari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit dan mata Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES