Pendidikan

LP2M IAIN Pontianak Gelar Ihya Ramadhan Goes To School di MAN 2 Pontianak

Jumat, 24 Mei 2019 - 22:06 | 47.37k
Suasan kegiatan pelatihan literasi Ihya Ramadhan Goes To School LP2M IAIN Pontianak di MAN 2 Pontianak, Jumat
Suasan kegiatan pelatihan literasi Ihya Ramadhan Goes To School LP2M IAIN Pontianak di MAN 2 Pontianak, Jumat

TIMESINDONESIA, PONTIANAK – Ratusan siswa kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri atau MAN 2 Pontianak mengikuti pelatihan literasi yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada  Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri Pontianak sebagai rangkaian dari agenda kegiatan Ihya Ramadhan Goes To School, Jumat (24/5/2019).

Kegiatan yang bertempat di Musholla Lukmanul Hakim MAN 2 Pontianak itu dihadiri oleh Wakil Kepala madrasah bidang kesiswaan, Drs Ismail, M.Si,  Ketua panitia Ihya Ramadhan, Didi Darmadi, M.Lett, dan diikuti oleh ratusan siswa-siswa MAN 2 Pontianak kelas X dan XI.

Suasan-kegiatan-pelatihan-literasi-Ihya-Ramadhan-b.jpg

Dalam sambutannya, Ismail mengapresiasi kegiatan kunjungan sekaligus inisiasi pelatihan “literasi Santri Milenial” yang diselenggarakan oleh LP2M IAIN Pontianak. 

“Ilmu ini sangat menarik dan bermanfaat. Apalagi jika siswa-siswi mampu menghasilkan sebuah karya dalam bentuk buku tentu sangat menarik,” ungkapnya.

Ia mengajak seluruh siswa siswi MAN 2 Pontianak dengan adanya kegiatan ini untuk aktif menulis dan mampu menghasilkan buku seperti yang sudah dilakukan oleh sekolah-sekolah lainnya yang sudah bekerjasama dengan LP2M dalam pelatihan literasi .

Suasan-kegiatan-pelatihan-literasi-Ihya-Ramadhan-c.jpg

Didi Darmadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Ihya Ramadhan Goes To School di MAN 2 Pontianak kali ini adalah rangkaian kegiatan Ihya Ramadhan  yang digelar LP2m. sebelumnya kegiatan ini diselenggarakan di SMK-SMTI Pontianak dan Ponpes Hidayatul Muhsinin Pontianak serta akan diakhiri di MAN 3 Pontianak.

“Selain kegiatan Goes to school, Ihya Ramadhan LP2M juga mengadakan kegiatan rekaman siraman dakwah yang melibatkan dosen-dosen IAIN Pontianak di Ruai TV dan Pon TV. Selain itu kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan penulis artikel di koran Pontianak Post dan Rakyat Kalbar selama bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan Ihya Ramadhan Goes To School kali ini ingin mengajak para siswa/siswi untuk aktif menulis dan menghasilkan suatu karya. 

“Sebagai generasi milenial Muslim, kalian harus rajin menulsi. Ketika tulisan itu sudah jadi, kami melalui LP2M akan menerbitkannya dalam sebuah buku. sehingga kalian akan memiliki karya. Itu sudah cukup dan bermanfaat bagi orang lain dengan hadirnya karya kalian,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak para siswa untuk aktif menulis dan memiliki karya “Orang yang akan dikenang itu apabila tersebut memiliki sebuah karya. Mudah-mudahan apa yang kalian tulis itu menghasilkan nilai-nilai positif dari karya yang dihasilkan,” ungkap pria yang juga aktif di LP Maarif NU Kalbar ini.

Selama satu jam, para Siswa diberikan materi tentang tips serta kiat menulis dengan mudah yang dissampaikan oleh Ya’kub, S.Kom.I 

Selain mendapatkan materi tentang kepenulisan, para siswa diajak menulis hal-hal seputar Ramadhan dengan menggunakan smartphone. Hasil karya siswa/siswi MAN 2 Pontianak tersebut rencanya akan diterbitkan dalam sebuah buku. para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Pontianak TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES