Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

Babinsa Sumbersalak Kodim 0824 Jember Dampingi Petani Panen Kedelai

Sabtu, 25 Mei 2019 - 09:27 | 71.49k
Pendampingan panen kedelai oleh Babinsa Sumbersalak. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Pendampingan panen kedelai oleh Babinsa Sumbersalak. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, JEMBER – Babinsa Sumbersalak Kodim 0824 Jember Serka Ida Bagus Gede Arnawa mendampingi petani dari Kelompok Tani Karya Makmur saat panen kedelai di lahan seluas 4 hektare milik Sofyan di Dusun Salak, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Jember, Sabtu (25/5/2019).

Pendampingan tersebut juga diikuti oleh Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Pertanian Budi S.

Sofyan menerangkan bahwa dirinya memutuskan menanam kedelai pada saat awal kemarau. Dia mengatakan, hasil panen kedelai kali ini mencapai sekitar 1,75 ton per hektare. "Hasil panen ini relatif baik dan hal ini tentunya tidak lepas dari pendampingan intensif yang dilakukan oleh Babinsa bersama PPL yang memang sangat menguntungkan petani," ujarnya.

Babinsa-Sumbersalak-2.jpg

Sedangkan Komandan Koramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Harsono saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya terebut.

"Hal itu memang bagian dari tugas Babinsa dalam melaksanakan pendampingan dari awal pengolahan lahan hingga panen, baik tanaman padi, jagung maupun kedelai atau dikenal pajale sebagai sasaran upaya khusus program ketahanan pangan nasional," tuturnya.

Babinsa-Sumbersalak-3.jpg

Sementara itu, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengatakan, meski komoditas padi masih menjadi perhatian utama program ketahanan pangan di Jember, namun kedelai juga mendapatkan perhatian sebagai bagian dari program ketahanan pangan dalam mewujudkan kedaulatan dan swasembada pangan nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES