Ketahanan Informasi

Menerapkan Rukun Islam, KB-TK Khadijah Surabaya Membagikan Zakat

Menerapkan Rukun Islam, KB-TK Khadijah Surabaya Membagikan Zakat Siswa KB/TK Khadijah Surabaya menyalurkan zakat fitrah pada warga sekitar sekolah, 24/5/19. (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Jum'at, 24 Mei 2019 - 13:06

TIMESINDONESIA, SURABAYAKB-TK Khadijah Surabaya membagikan zakat fitrah dan sodaqoh kepada dluafa dan anak yatim di panti asuhan, Jumat (24/5/2019).

Kepala Sekolah Suhartin menjelaskan kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu rukun Islam yaitu mengeluarkan zakat. "Bermula dengan pengenalan tentang zakat fitrah, infaq dan sodaqoh yang disampaikan oleh ibu guru dalam pembelajaran keagamaan pada setiap  hari Jumat, sehingga ini merrupakan bentuk praktek langsung dengan mengajak anak-anak menyampaikan sendiri zakat dan sodaqoh yang telah dikumpulkan kepada yang berhak," paparnya.

Khodijah-Surabaya-a.jpg

Lebih lanjut ia menjelaskan zakat fitrah berfungsi untuk menyempurnakan ibadah puasa agar manusia kembali kepada kesucian (fitrah), sebagai penghapus dosa, mendidik manusia untuk mau saling berbagi, dan peduli terhadap kesulitan orang lain. Dalam setahun, potensi zakat di Indonesia mencapai trilyunan rupiah dan jika dikelola dengan baik, zakat mampu menjadi sarana pemberdayaan umat dan mampu mengentaskan kemiskinan.

Meski sudah ada banyak lembaga pengelola zakat dan sodaqoh, siswa diajak langsung memberikan kepada yang berhak agar anak memiliki pengalaman yang kuat. Siswa juga diajak berkunjung ke panti asuhan anak yatim guna menyampaikan sodaqoh yang telah dikumpulkan selama ini. "Alhamdulillah, tahun ini sodaqoh jariyah yang dikumpulkan siswa mencapai Rp 10 juta," jelasnya.

Ia berharap melalui pendidikan zakat sejak dini, anak dididik untuk menjadi manusia yang sadar akan kewajibannya, mau berbagi rezeki, peduli terhadap sesama manusia utamanya kepada kalangan yang kurang mampu, dan tertarik untuk berpartisipasi dalam pengelolaan zakat di masa yang datang.

“Dengan mengajak anak-anak menyampaikan langsung zakat dan sodaqohnya, semoga anak-anak menjadi insan yang gemar berbagi sampai dewasa kelak,” pesan kepala KB-TK Khadijah Surabaya.(*)

Jurnalis : Rachmattullah Firdaus (CR-132)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration