Peristiwa Daerah

Batam Siapkan Wadah Ekonomi Kreatif Milenial

Sabtu, 25 Mei 2019 - 16:15 | 40.06k
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (Kiri) saat melakukan penandatangan MoU di Gedung Kementerian BUMN di Jakarta.(FOTO: Istimewa)
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (Kiri) saat melakukan penandatangan MoU di Gedung Kementerian BUMN di Jakarta.(FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BATAMWali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan akan menyiapkan wadah milenial Batam berkreasi, setelah dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Ada 16 sub sektor ekonomi kreatif ini. Dan semuanya ada di Batam. Mereka butuh wadah mengembangkan potensi. Kita bersama Bekraf siapkan lewat MoU ini,” ungkap Rudi, Sabtu (25/5/2019).

Sub sektor ekonomi kreatif disampaikan Rudi,  yaitu kuliner, animasi dan pengembangan permainan, arsitektur, desain interior,  desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

“Bentuk riil kerja samanya nanti bisa berupa pelatihan bagi para pelaku ekonomi kreatif sesuai sub sektornya masing-masing. Bekraf yang beri pelatihan. Kita bantu fasilitasi permodalan,” tuturnya.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengayakan nota kesepahaman ini disusun sebagai dasar dalam melakukan kerja sama yang saling mendukung dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif di Batam.

Adapun tujuannya yakni mengkoordinasikan dan menyinergikan pelaksanaan tugas dan kewenangan dalam rangka pengembangan potensi ekraf. Serta pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nota kesepahaman yang ditandatangi pada Jumat (24/5) di Gedung Kementerian BUMN di Jakarta pada Jumat (24/5) itu, berlaku selama tiga tahun. Ruang lingkupnya meliputi riset, edukasi, dan pengembangan ekonomi kreatif. 

"Kemudian infrastruktur, pemasaran, fasilitasi hak kekayaan intelektual dan regulasi, hubungan antar lembaga dan wilayah, ruang sentra pemasaran ekonomi kreatif, serta kegiatan lain. Yang jelas, Batam akan menyiapkan wadah ekonomi kreatif milenial,” ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES