Peristiwa - Daerah

Dua Pria Tak Dikenal Bobol ATM di Probolinggo

Dua Pria Tak Dikenal Bobol ATM di Probolinggo Dua pelaku pembobolan ATM BNI di Kota Probolinggo, beserta sejumlah barang bukti. (FOTO: Istimewa for TIMES Indonesia)
Sabtu, 25 Mei 2019 - 15:23

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Dua pria tak dikenal nekat membobol mesin ATM di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Namun aksi kriminal itu, keburu diketahui pihak bank. Dua pelaku pun diringkus dan diserahkan ke pihak kepolisian.

Dalam video amatir berdurasi sembilan detik, nampak dua orang digelandang dengan tangan terikat borgol. Dua pria dalam video tersebut, merupakan pembobol mesin ATM Bank BNI di jalan Soekarno hatta. Tepatnya di samping pabrik tekstil Eratex.

Dua-pelaku-pembobolan-ATM-BNI.jpg

Berdasarkan informasi, aksi kedua pelaku sebelumnya diketahui oleh pihak vendor mesin ATM. Pada Sabtu (25/5/2019) dinihari, atau sekitar pukul 04.30 WIB. Dari sistem ATM milik vendor, diketahui mesin ATM di samping pabrik tekstil Eratex tiba-tiba hidup mati secara misterius. Dimana ada penarikan uang, tanpa ada status online dari kartu ATM nasabah.

“Setelah ditelusuri melalui kamera dalam mesin ATM yang dimaksud, diketahui ada aktifitas mencurigakan,” kata satpam Bank BNI, Wahyu Hidayat, Sabtu sore.

Pihak vendor kemudian menghubungi satpam kantor cabang BNI Kota Probolinggo, yang berada di jalan Suroyo. Pihak vendor bersama tiga orang satpam, langsung meluncur ke lokasi mesin atm yang mencurigakan itu.

Sesampai di lokasi, kecurigaan petugas terbukti. Dua pelaku masih terus berupaya menguras isi mesin ATM. Menggunakan tekhnik card fishing. Atau dengan kata lain, pelaku memasukkan kartu ATM, lalu mengganjal lubang pengambilan uang dengan besi. Sehingga tidak bisa menutup kembali. Dari situlah para pelaku menguras uang yang ada dalam mesin ATM.

“Perkiraan uang yang sudah berhasil diambil sekitar Rp 20 juta. Mengakunya ada tiga orang, tapi yang beraksi hanya dua. Satunya menunggu di mobil, tapi tidak tertangkap,” imbuh Wahyu.

Dua pelaku yang tertangkap kemudian diserahkan ke Polsek Mayangan, untuk segera ditindak lanjuti oleh petugas. Sejauh ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut pada dua pelaku yang tertangkap. Kendati demikian, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian, terkait kasus pembobolan ATM di jalur pantura Kota Probolinggo ini. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration