Senin, 16 September 2019
Ekonomi

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Malang Gelar Pasar Lebaran

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Malang Gelar Pasar Lebaran Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM saat meninjau stand pasar Lebaran di Gondanglegi. (Foto : Humas Pemkab Malang for TIMES Indonesia)
Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:56

TIMESINDONESIA, MALANGPemkab Malang menggelar Pasar Lebaran di Kantor Kecamatan Gondanglegi, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan sembako jelang memperingati Hari Raya Idul Fitri.

Pasar Lebaran yang diselenggarakan Disperindag Kabupaten Malang pada Sabtu (25/5/2019) ini dibuka Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM. Hadir dalam kesempatan sejumlah OPD dan Pejabat Pemkab Malang.

Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM mengatakan, Pasar Lebaran ini digelar sebagai upaya menghadapi permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat cenderung terus meningkat menjelang  datangnya Hari Raya Idul Fitri.

"Selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Malang mengambil langkah dan upaya guna mengantisipasi terjadinya kenaikan harga, salah satunya melalui Pasar Lebaran ini," ujar Sanusi dalam sambutannya

Lebih lanjut dia menjelaskan, lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat.

Terutama dari kalangan keluarga kurang mampu akan kesulitan mendapatkan komoditas pokok

Namun demikian, dia mensyukuri bersama bahwasanya perekonomian di wilayah Kabupaten Malang saat ini sedang memperlihatkan tren yang positif.

"Hal ini tercermin dari perkembangan harga yang stabil dengan persediaan berbagai kebutuhan masyarakat yang memadai," ungkapnya.

Kendati demikian, dia mengakui ada beberapa komoditas pokok mengalami kenaikan.

"Untuk mengantisipasi hal itu, Pemkab Malang menggelar Pasar Lebaran ini. Beberapa pihak juga menyelenggarakan kegiatan yang sama dan tentunya saya apresiasi," kata Abah Sanusi sapaan akrabnya.

Menurutnya, keberadaan Pasar Lebaran ini menjual aneka kebutuhan pokok yang terjangkau. Sehingga diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh komoditas pokok jelang Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri.

"Saya berpesan kepada masyarakat untuk memanfaatkan moment ini dengan sebaik mungkin," kata mantan anggota DPRD Kabupaten Malang tersebut.

Selain itu, dia berpesan kepada masyarakat supaya  pergunakan komoditas pokok yang didapatkan melalui kesempatan ini untuk digunakan kepentingan keluarga atau konsumsi sendiri. Bukan untuk dijual kembali.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pelaku usaha dan berbagai pihak yang juga turut berpartisipasi dalam Pasar Lebaran ini," terangnya.

Sebagai informasi, Pasar Lebaran yang digelar Pemkab Malang selama dua hari ini juga diikuti oleh pelaku UMKM, IKM, Bulog, PG Kebonagung, PG Krebet Baru dan perbankan yang menyediakan jasa tukar uang baru.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration