Gaya Hidup

Pantangan Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi saat Puasa Ramadhan

Pantangan Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi saat Puasa Ramadhan Ilustrasi makanan. (https://hellosehat.com)
Sabtu, 25 Mei 2019 - 04:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penderita kolesterol tinggi perlu memilih jenis makanan yang tepat saat berbuka puasa Ramadhan. Pasalnya, berbuka puasa dengan sembarang makanan dapat menyebabkan kolesterol naik. Lantas, pantangan makan apa saja yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi ketika puasa?

Dilansir dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa jenis makanan berbuka puasa yang perlu Anda hindari jika memiliki kolesterol tinggi.

1. Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans adalah lemak buatan yang diperoleh dengan cara menambahkan hidrogen ke dalam minyak nabati agar lebih padat. Lemak ini digunakan dalam banyak produk makanan karena bisa digunakan berkali-kali serta memberikan rasa dan tekstur yang diinginkan.

Namun, lemak trans dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam darah. Makanan yang mengandung jenis lemak ini harus dihindari oleh penderita kolesterol karena akan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

2. Makanan yang digoreng

Salah satu makanan yang harus dihindari ketika buka puasa oleh penderita kolesterol adalah adalah gorengan.

Jika kolesterol tinggi, Anda perlu menghindari jenis makanan ini. Terutama jika proses menggoreng dilakukan dengan metode deep fryalias merendamnya dengan minyak.

Proses menggoreng makanan akan menghilangkan air dan menyedot lemak sehingga makanan menjadi lebih padat kalori.

Kalori berlebih dalam tubuh akan diubah menjadi lemak. Beberapa jenis minyak juga mengandung banyak lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Makanan cepat saji

Banyak orang mengandalkan makanan cepat saji untuk berbuka puasa karena proses pengolahannya tidak membutuhkan waktu lama.

Padahal, makanan cepat saji seperti burger, pizza, ayam goreng, dan sejenisnya merupakan salah satu pantangan yang perlu dihindari oleh penderita kolesterol tinggi.

Proses pembuatan dan pengolahan makanan cepat saji akan menghilangkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan, makanan jenis ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

4. Makanan tinggi gula

Asupan makanan tinggi gula dapat menyebabkan pertambahan berat badan, memicu naiknya kolesterol, serta meningkatkan risiko diabetes.

Gula yang dimaksud bukan hanya berasal dari gula pasir yang Anda tambahkan ke dalam minuman. Anda juga perlu mencermati beberapa jenis produk makanan mengandung gula tambahan dalam bentuk sirup jagung, fruktosa, konsentrat, sukrosa, atau pemanis buatan.

5. Daging olahan

Sosis, nugget, kornet, bakso, dan daging olahan sejenisnya termasuk dalam kelompok makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi saat berbuka puasa. Pasalnya, produk-produk ini telah melewati proses pengolahan pabrik serta diberi bahan tambahan.

Agar kolesterol tinggi tidak semakin parah, Anda perlu cermat dalam memilih makanan berbuka puasa Ramadhan. Lengkapi pula menu berbuka puasa Anda dengan makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah secukupnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Loading...
Registration