Peristiwa - Daerah

Perkokoh Persatuan, PMII di Situbondo Gelar Dialog Kebangsaan

Perkokoh Persatuan, PMII di Situbondo Gelar Dialog Kebangsaan Dialog Kebangsaan yang digelar oleh PK PMII STKIP PGRI Situbondo (FOTO: Uday/TIMES Indonesia)
Sabtu, 25 Mei 2019 - 00:24

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Pasca hiruk pikuknya situasi Nasional yang mendebarkan usai Pemilu pada 17 April 2019, hingga lahir aksi 22Mei, Pengurus Komisariat PMII STKIP PGRI Situbondo menyelenggarakan Dialog Kebangsaan yang digelar di Gereja GKJW Situbondo, Jumat (24/5/2019).

Acara yang mengusung tema "Pembela Bangsa, Penegak Agama" teraebut, dihadiri oleh semua kader PMII Situbondo dan Aliansi pemuda Lintas agama.

Sebagai Keynote Speaker pada kegiatan tersebut yaitu, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, dan Dandim 0328 Situbondo, Letkol Inf Ahmad Juni Toa.

Ketua Pengurus Komisariat PMII STKIP PGRI Situbondo, Tolak Ali mengatakan, bahwa pihaknya ingin mengajak para pemuda khususnya kaum milenial terus memperkokoh persatuan dan memperkuat toleransi antar umat beragama di Situbondo. 

"Sebagai generasi masa depan, kita wajib melestarikan budaya yang santun dan bermartabat serta terus memperkokoh persatuan dan toleransi di tengah tengah masyarakat yang majemuk ini," katanya. 

Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariyono, dalam dialog tersebut menyampaikan, bahwa Indonesia memiliki kemajemukan Bhinneka Tunggal Ika yang terdiri berbagai macam suku, adat, agama, dan Bahasa. 

"Dengan Pancasila sebagai landasan negara sehingga semua perbedaan itu disatukan sebagai kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dalam kehidupan sehari-hari tentulah toleransi tidak dapat dipisahkan," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Situbondo menegaskan beberapa point penting diataranya konflik social, kerukunan antar umat beragama, bahaya intoleransi serta pentinganya generasi muda belajar, memiliki wawasan yang luas dan memiliki banyak referensi sehingga cerdas dalam menyikapi sesuatu agar tidak terpengaruh provokasi, isu SARA dan informasi hoaks.

Sebelum Dialog Kebangsaan ditutup, Kapolres Situbondo memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara dialog dan wawasan kebangsaan yang diinisiasi generasi muda dari PMII Situbondo, yang dinilai mempunyai rasa peduli terhadap masa depan bangsa. (*)

Jurnalis : Fathullah Uday
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Situbondo

Komentar

Loading...
Registration